Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan mudharabah hasil penangkapan ikan di Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak

Arfiana, Maria (2008) Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan mudharabah hasil penangkapan ikan di Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_2103247_Maria_Arfiana]
Preview
Text (Skripsi_2103247_Maria_Arfiana)
2103247_Maria_Arfiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecamatan Bonang Kabupaten Demak terdapat tiga desa yang dekat dengan pesisir laut antara lain: Desa Purworejo, Margolinduk dan Morodemak, sebagian besar mayoritas penduduknya sebagai nelayan dan pertambakan. Adapun nelayan di Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak terdapat tiga bentuk yaitu: Pertama, Nelayan Juragan adalah: nelayan pemilik perahu dan alat penangkap ikan yang mampu mengupah para nelayan pekerja sebagai pembantu dalam usahanya menangkap ikan di laut. Kedua, Nelayan Pekerja adalah: nelayan yang tidak mempunyai alat produksi, tetapi hanya mempunyai tenaga yang dijual kepada nelayan juragan untuk membantu menjalankan usaha penangkapan ikan dilaut. Ketiga, Nelayan Pemilik adalah: nelayan yang kurang mampu yang hanya mempunyai perahu kecil untuk dirinya sendiri dan alat penangkap ikan yang sederhana. Dalam pembagian hasil penangkapan ikan yang terjadi di Desa Morodemak apabila hasil yang diperoleh nelayan banyak, maka tentu tidak akan menjadi masalah karena mudah dalam membagi hasil usaha artinya ada barang atau hasil usaha yang akan dibagi kepada nelayan dan juragan. Akan tetapi dalam usaha sebagai nelayan hasilnya tidak tentu dan apabila tidak mendapatkan hasil tangkapan sama sekali, maka bagaimana cara pembagian hasil antara nelayan dan juragan. Oleh karenanya bila masalah tersebut tidak dipecahkan maka akan timbul ketidakadilan dalam bekerja sama antara nelayan dan juragan. Bagi nelayan yang kedudukannya sebagai pekerja dan juragan terus menanggung hutang nelayan apabila dalam berlayar tidak ada hasil yang dapat dibagi. Maka dari itu, penulis tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang Bagaimana akad perjanjian bagi hasil penangkapan ikan dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan bagi hasil penangkapan ikan di Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak.
Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yaitu guna memperoleh informasi tentang pelaksanaan bagi hasil penangkapan ikan di Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam skripsi ini metode analisis data yang digunakan adalah metode Deskriptif Analisis, yaitu untuk mendeskripsikan kondisi riil terhadap pelaksanaan bagi hasil penangkapan ikan di Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak, apakah sesuai dengan konsep hukum dalam Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan bagi hasil di Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak menggunakan bagi hasil (Profit And Lost Sharing) yaitu dengan menggunakan sistem bagi hasil dengan akad Mudharabah Muthlaqah. Kerjasama bagi hasil penangkapan ikan antara nelayan dan juragan adalah untuk membantu dan menolong para nelayan. Dengan pembagian keuntungan serta kerugian sesuai syari’at Islam. Sedangkan akad perjanjian bagi hasil penangkapan ikan yang dilakukan oleh nelayan dan juragan di Desa Morodemak Kecamatan Bonang adalah sah menurut hukum Islam karena telah memenuhi syarat-syarat dan rukunnya, sedangkan pembagian hasil antara nelayan dan juragan tidak sesuai dengan hukum Islam karena terdapat ketidakadilan yaitu adanya biaya perbekalan hutang, dan itu menjadi tanggungan juragan. Sekalipun dalam pelaksanaan bagi hasil di Desa Morodemak mengunakan akad Mudharabah Muthlaqah, harus dibenahi tentang akad perjanjian antara kedua belah pihak, baik adanya keuntungan serta kerugian. Termasuk juga bila terdapat hutang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mudharabah; Tangkapan ikan; Hukum ekonomi Islam; Demak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Dec 2020 05:07
Last Modified: 01 Dec 2020 05:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11782

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics