Pemikiran Nurcholish Madjid tentang etika politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Muamar, M. (2007) Pemikiran Nurcholish Madjid tentang etika politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2100113_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_2100113_Skripsi_Lengkap)
NIM_2100113_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam usaha menegakkan nilai-nilai demokrasi, tentunya tidak terlepas dari unsur kebebasan berpendapat yang –biasanya berujung pada perbedaan pendapat– esensinya adalah untuk membangun peradaban menjadi lebih baik. Islam sebagai agama yang diturunkan ke bumi untuk membimbing umatnya ke arah yang benar, sebagaimana tujuan diturunkannya al-Qur’an adalah untuk menegakkan sebuah tatanan masyarakat yang adil berdasarkan etika yang dapat dipertahankan di bumi ini. Nurcholish Madjid (Cak Nur), merupakan salah satu cendekiawan Islam yang produktif dalam hal merespon persoalan moral politik di Indonesia, Pemikiran Cak Nur di bidang politik sangat relevan dengan kondisi di Indonesia baik pada masa lalu maupun pada masa kini, terutama ketika etika politik kurang mendapat perhatian dari para pelaku politik.
Pemikiran Cak Nur di bidang politik, menarik perhatian penulis untuk menelitinya menjadi sebuah karya ilmiah. Adapun fokus penelitian, dengan fokus masalah, bagaimana pemikiran Nurcholis Madjid tentang etika politik ditinjau dari fiqh siyasah? Dan bagaimana relevansi pemikiran Nurcholis Madjid tentang etika politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam konteks kekinian?
Dengan metode dokumentasi, penulis berusaha menghimpun dan mengumpulkan data-data tentang konsep etika politik. Disini penulis menggunakan buku-buku karangan Nurcholis Madjid yang membahas persoalan etika politik. Untuk menghasilkan penelitian yang komprehensif, penulis menggunakan analisis deskriptif dengan metode analisis isi (content analysis) dan metode komparatif.
Setelah penulis mengadakan penelitian, penulis menghasilkan beberapa kesimpulan. Konsep etika politik yang ditawarkan Cak Nur adalah cara berpolitik yang berpegang teguh pada nilai-nilai konstitusi negara kita (Pancasila dan UUD 45) yang mana nilai-nilai tersebut menjadi pijakan kita bersama dalam usaha membina dan mengembangkan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Menurut Cak Nur, Islam pernah menjadi tauladan sebuah sistem politik. Prinsip persamaan, prinsip keadilan, tanggung jawab dan lain sebagainya, yang dikemukakan Cak Nur juga sama dengan konsep Islam politik, di sinilah secara teologis, Cak Nur membuat bangunan teoritis mengenai keterkaitan organik antara nilai-nilai iman itu dengan demokrasi, keadilan, yaitu pengaturan tatanan kehidupan atas dasar kemanusiaan (yang sering diterjemahkannya sebagai “kehendak bersama” bahkan suatu “kontrak sosial”).
Sedangkan relevansi konsep etika politik Cak Nur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Cak Nur dengan pikiran jernih menjelaskan hubungan tak langsung antara agama dan negara, yaitu pada level etika politik. Agama memberi dukungan keabsahan nilai-nilai politik yang membawa kepada kemaslahatan bersama. Tiga nilai etika politik yang amat kompatibel dengan agama yang selalu Cak Nur elaborasi adalah: demokrasi, keadilan dan keterbukaan. Persis di sinilah Cak Nur menegaskan arti Pancasila sebagai common platform atau titik temu nilai-nilai dari semua suku, ras, golongan, dan khususnya agama-agama yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nurcholish Madjid;etika politik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 09 Dec 2020 03:02
Last Modified: 09 Dec 2020 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11932

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics