Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Kata Lembaga dan Teknik Tak Tertib dengan Media Gambar di Kelas I MI An-Nur Penggaron Kidul Pedurungan Semarang

Al Mahmudah, Fatimah (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Kata Lembaga dan Teknik Tak Tertib dengan Media Gambar di Kelas I MI An-Nur Penggaron Kidul Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 093911334_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911334_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093911334_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911334_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 093911334_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911334_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 093911334_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911334_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 093911334_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911334_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 093911334_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911334_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 093911334_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911334_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (6kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas peningkatan keterampilan membaca permulaan bahasa Indonesia menggunakan metode kata lembaga dan teknik tak tertib dengan media gambar di kelas I MI AN-NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi permasalahan siswa-siswi belum bisa membaca dengan lancar karena sebagian besar siswa-siswi bukan berasal dari TK/RA, sehingga siswa-siswi baru mendapatkan pembelajaaran membaca pada saat duduk di bangku kelas I MI AN-NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang. Untuk itu guru mengupayakan pembelajaran membaca melalui metode kata lembaga dan teknik tak tertib dengan media gambar akan sangat membantu siswa.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan metode kata lembaga dan teknik tak tertib dengan media gambar dalam pembelajaran di kelas I MI AN-NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang? (2) Apakah penerapan metode kata lembaga dan teknik tak tertib dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa-siswi kelas I MI AN-NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MI AN-NUR yang beralamat di Penggaron Kidul Pedurungan Semarang. Penelitian ini didesain dalam tahapan pra siklus, siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes unjuk kerja dan teknik nontes yang berupa observasi.
Berdasarkan hasil pengamatan penerapan pembelajaran membaca permulaan melalui metode kata lembaga dan teknik tak tertib dengan media gambar lebih disenangi siswa-siswi. Dari hasil evaluasi, diperoleh data siklus I nilai rata-rata 71,92 dengan tuntas klasikal 62%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82,69 dengan tuntas klasikal 85%. Atas dasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar membaca permulaan bahasa Indonesia dengan metode kata lembaga menggunakan teknik tak tertib dengan media gambar di kelas I MI AN-NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang dapat meningkat dalam membaca permulaan dapat ditingkatkan dengan menggunakan pembelajaran metode kata lembaga dan teknik tak tertib dengan media gambar.
Peneliti menyarankan kepada guru kelas I hendaknya menggunakan metode kata lembaga dan teknik tak tertib dengan media gambar karena dapat memudahkan siswa-siswi dalam belajar membaca dan dapat menumbuhkan minat baca serta memahami isi bacaan yang ada dalam gambar. Guru hendaknya dapat menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan, sehingga anak tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca; Bahasa Indonesia; Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
400 Language > 490 Other languages > 499 Miscellaneous languages > 499.221 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jan 2014 06:12
Last Modified: 26 Jun 2021 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics