Implementasi metode hypnoteaching dalam pembelajaran IPS kelas V di MIN Mlaten Mijen Demak tahun ajaran 2013/2014

Ludianawati, Ludianawati (2013) Implementasi metode hypnoteaching dalam pembelajaran IPS kelas V di MIN Mlaten Mijen Demak tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911039_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911039_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of 093911039_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911039_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 093911039_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911039_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of 093911039_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911039_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 093911039_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911039_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 093911039_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911039_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 0393911039_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
0393911039_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan penulis tentang pendidikan di sekolah yang hanya menekankan pada aspek pengajaran saja, tidak pada aspek pendidikan. Banyak guru yang belum sadar bahwa keberhasilan peserta didik tidak bisa hanya dilihat dari nilai ulangan peserta didik yang bagus akan tetapi psikis serta sikap peserta didik juga tidak kalah penting khususnya dalam matapelajaran IPS mengajarkan banyak nilai-nilai positif sebagai upaya penanaman nilai-nilai kebangsaan yang mulai luntur. Maka dari itu dibutuhkan guru yang mampu mengedepankan aspek pendidikan ketika mengajar IPS, dan metode hypnoteaching adalah salah satu metode yang berupaya mengajak guru agar mampu mengajar dengan pola ajar yang memperhatikan psikis dan sikap peserta didik dengan motivasi dan sugesti sebagai upaya mengisi kenyamanan peserta didik serta dorongan-dorongan positif dalam pembelajaran yang mempunyai dampak yang luar biasa bagi peserta didik.
Dan penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran IPS MIN Mlaten Mijen Demak tahun ajaran 2013/2014, 3) Untuk mengetahui problematika pelaksanaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran IPS kelas V di MIN Mlaten Mijen Demak, 4) Untuk mengetahui cara mengatasi problematika mengenai problematika pelaksanaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran IPS di MIN Mlaten Mijen Demak tahun ajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Implementasi metode hypnoteaching dalam pembelajaran IPS kelas V di MIN Mlaten Mijen Demak berjalan dengan baik, namun guru tidak menerapkannya sesuai langkah-langkah yang ada pada teori, akan tetapi secara tidak langsung unsur-unsur dalam metode hypnoteaching telah diterapkan oleh guru.
Yang menjadi problematika dalam implementasi metode hypnoteaching adalah mengenai tujuan metode hypnoteaching yang intinya merubah sikap peserta didik menjadi lebih baik melalui motivasi dan sugesti, serta teladan yang positif. Jika hanya beberapa guru saja yang menerapkan unsur-unsur metode hypnoteaching, tidak guru keseluruhan, dan jika orang tua juga tidak mendukung dengan tindakan menyugesti peserta didik ketika di rumah dengan sugesti yang sama, maka tujuan dari metode hypnoteaching tidak akan tercapai, dan menjadi sia-sia.
Cara mengatasi problematika implementasi metode hypnoteaching yaitu perlu adanya sosialisasi dari sekolah kepada semua guru dan orang tua atau wali murid untuk bisa bersama-sama memulai menerapkan unsur metode hypnoteaching minimal unsur yang paling sederhana yaitu mengenai sugesti, dan semua unsur yang sekiranya bermanfaat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hypnoteaching; Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 11 Mar 2014 07:19
Last Modified: 11 Mar 2014 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1659

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics