Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok Shalat Id melalui model Jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari kabupaten Kendal tahun pelajaran 2012/2013

Aunillah, Maulida (2013) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok Shalat Id melalui model Jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari kabupaten Kendal tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 113911181_Coverdll.pdf]
Preview
Text
113911181_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (829kB) | Preview
[thumbnail of 113911181_Bab1.pdf]
Preview
Text
113911181_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 113911181_Bab2.pdf]
Preview
Text
113911181_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 113911181_Bab3.pdf]
Preview
Text
113911181_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 113911181_Bab4.pdf]
Preview
Text
113911181_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 113911181_Bab5.pdf]
Preview
Text
113911181_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 113911181_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
113911181_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi Untuk mencapai hasil belajar mata pelajaran fiqih yang baik sebagai pendidik dan keinginan pengajar, senantiasa dituntut untuk mampu menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif serta dapat memotivasi siswa dalam belajar mengajar yang akan berdampak positif dalam pencapaian hasil belajar secara optimal. Namun yang terjadi pada pembelajaran fiqih yang selama ini dilakukan di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari masih banyak dipengaruhi oleh cara-cara tradisional, Cooperative learning menciptakan kondisi pembelajaran yang bersifat gotong royong, saling menolong dan berkerja sama. salah satu bentuk cooperative learning adalah Jigsaw.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimanakah penerapan model jigsaw pada mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id sebelum menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 3) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id setelah menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013?
Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model jigsaw pada mata pelajaran fiqih Materi pokok shalat id di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 dilakukan dengan menerangkan materi shalat id, melakukan tanya jawab tentang materi, kemudian guru membentuk siswa dalam kelompok asal, setiap kelompok mengirimkan satu anggota ke kelompok ahli untuk membahas sub bahasan materi, setelah terjadi diskusi kelompok ahli, setiap anggota kembali lagi ke kelompok asal untuk membahas hasil dari kelompok ahli dan menjadi satu rangkuman terhadap materi yang diajarkan, setiap kelompok presentasi di depan dan kelompok lain mengomentari 2) Hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id sebelum menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 hanya ada 10 siswa atau 50% 3) Hasil belajar mata pelajaran fiqih materi pokok shalat id setelah menggunakan model jigsaw di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Rowosari Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada siklus I ada 14 siswa atau 70%, dan pada siklus II ada 18 siswa atau 90%, kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa yaitu siklus I ada 12 siswa atau 60%, dan pada siklus II ada 17 siswa atau 85%, hasil tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu lebih dari 85%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Fiqih; Shalat Id; Model Jigsaw; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 21 Mar 2014 08:05
Last Modified: 15 Nov 2021 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1710

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics