Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi anggota untuk menggunakan produk jasa Tamara di KJKS BMT El Amanah Kendal

Fadlullah, M. Miftah (2013) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi anggota untuk menggunakan produk jasa Tamara di KJKS BMT El Amanah Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 092411090_Coverdll.pdf]
Preview
Text
092411090_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 092411090_Bab1.pdf]
Preview
Text
092411090_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 092411090_Bab2.pdf]
Preview
Text
092411090_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 092411090_Bab3.pdf]
Preview
Text
092411090_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 092411090_Bab4.pdf]
Preview
Text
092411090_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 092411090_Bab5.pdf]
Preview
Text
092411090_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 092411090_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
092411090_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan mikro syari’ah khususnya BMT (Baitul Mal wat Tamwil) mengalami pertumbuhan yang cukup membanggakan. Salah satu BMT yang cukup berkembang di Kendal yaitu BMT EL AMANAH. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari variabel syari’ah, produk, pelayanan dan promosi terhadap keputusan anggota BMT EL AMANAH Kendal.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field ressearch) yakni pengamatan langsung ke objek yang diteliti guna mendapatkan data yang relevan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner yang penulis berikan kepada nasabah BMT dan wawancara dengan pihak BMT, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen BMT berupa susunan pengurus, sejarah berdirinya BMT, visi misi, produk dan dokumentasi dari buku-buku.
Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen pertanyaan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas,uji asumsi klasik, analisis regresi berganda serta uji hipotesis dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan koefisien determinasi.
Dari hasil penelitian, uji validitas semua item pertanyaan valid, uji reliabilias semua variabel reliabel, analisis regresi berganda dengan konstanta atau a sebesar 6,644 artinya keempat variabel yaitu Syari’ah, pelayanan, produk, promosi mempunyai pengaruh yang positif terhadap variabel keputusan anggota sebesar 6,644%. Koefisien regresi variabel syari’ah atau X1 sebesar 0,266 artinya apabila kualitas syari’ah bertambah maka akan meningkatkan keputusan anggota untuk menggunakan produk TAMARA di KJKS BMT El Amanah Kendal. Koefisien regresi variabel pelayanan atau X2 sebesar 0,013 artinya apabila pelayanan ditambah maka akan meningkatkan keputusan anggota untuk menggunakan produk TAMARA di KJKS BMT El Amanah Kendal. Dan koefisien regresi variabel produk atau X3 sebesar 0,269 artinya apabila kualitas produk bertambah maka akan meningkatkan keputusan anggota menggunakan produk TAMARA di KJKS BMT El Amanah Kendal. Koefisien regresi variabel promosi atau X4 sebesar 0,320 artinya apabila promosi bertambah maka akan meningkatkan keputusan anggota untuk menggunakan produk TAMARA di KJKS BMT El Amanah Kendal. Adjusted R Square (R2) adalah 0,447. Hal ini berarti bahwa 44,7% variabel keputusan anggota dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu syari’ah, pelayanan, produk, dan promosi. Sedangkan sisanya sebesar 55,3% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Nilai F hitung sebesar 14,944 dan signifikan pada 0,000 < dari α = 0.05 yang berarti variabel independen syari’ah, pelayanan, produk dan promosi secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi variabel dependen yaitu keputusan anggota. Dari hasil uji t variabel syari’ah, produk, dan promosi signifikan dan berpengaruh positif terhadap keputusan anggota karena nilai signifikannya dibawah 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Produk Jasa Perbankan; Minat Nasabah; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Apr 2014 07:09
Last Modified: 03 Apr 2014 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics