Konsep pendidikan pluralisme menurut Abdurrahman Wahid dalam perspektif pendidikan Islam

Mustholih, Achmad (2011) Konsep pendidikan pluralisme menurut Abdurrahman Wahid dalam perspektif pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63111064-Coverdll.pdf]
Preview
Text
63111064-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 63111064-Bab1.pdf]
Preview
Text
63111064-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 63111064-Bab2.pdf]
Preview
Text
63111064-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 63111064-Bab3.pdf]
Preview
Text
63111064-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 63111064-Bab4.pdf]
Preview
Text
63111064-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 63111064-Bab5.pdf]
Preview
Text
63111064-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 63111064-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63111064-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (34kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas konsep pendidikan pluralisme menurut seorang tokoh pejuang pluralisme bernama Abdurrahman Wahid ditinjau dari sudut pandang Pendidikan Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Pemikiran Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tentang Konsep Pendidikan Pluralisme? (2) Bagaimana Konsep Pendidikan Pluralisme menurut Abdurrahman Wahid dalam Perspektif Pendidikan Islam? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan yang datanya diperoleh dari berbagai karya tulisan Abdurrahman Wahid terkait pendidikan pluralisme. Semua data penelitian dianalisis menggunakan pendekatan studi pemikiran tokoh yaitu dengan pendekatan sosio histories dan factual histories, penulis juga menekankan pada metode hermeneutika.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Menurut Abdurrahman Wahid Konsep Pendidikan pluralisme merupakan suatu pendidikan untuk menerima perbedaan sebagai sunnatullah agar saling mengenal, menghindari perpecahan, mengembangkan kerjasama dengan menanamkan rasa saling pengertian, saling memiliki dan bersikap inklusif, tidak membatasi pergaulan dengan siapapun, namun tetap meyakini kebenaran agama sendiri dengan tidak mempersamakan keyakinan secara total. (2) Dalam perspektif pendidikan Islam, pemikiran Abdurrahman Wahid tentang Pendidikan pluralisme memiliki keserasian yaitu berorientasi pada terbentuknya kepribadian serta akhlak yang luhur dengan berdasarkan al-Qur’an dan al-Hadits, serta mengupayakan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi pada peserta didik sejak dini yang berkelanjutan dengan mengembangkan rasa saling pengertian dan memiliki terhadap umat agama lain

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Pendidikan Pluralisme
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 28 May 2014 09:28
Last Modified: 28 May 2014 09:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics