Pengaruh metode Peer Lessons terhadap hasil belajar IPA terpadu materi pokok struktur permukaan bumi siswa kelas IX MTs Darul Ulum Demak

Zaroh, Umi (2011) Pengaruh metode Peer Lessons terhadap hasil belajar IPA terpadu materi pokok struktur permukaan bumi siswa kelas IX MTs Darul Ulum Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73711008_coverdll.pdf]
Preview
Text
73711008_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of 73711008_bab1.pdf]
Preview
Text
73711008_bab1.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 73711008_bab2.pdf]
Preview
Text
73711008_bab2.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 73711008_bab3.pdf]
Preview
Text
73711008_bab3.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 73711008_bab4.pdf]
Preview
Text
73711008_bab4.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 73711008_bab5.pdf]
Preview
Text
73711008_bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 73711008_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73711008_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

IPA merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian siswa. Hal ini ditandai dengan masih rendahnya tingkat ketuntasan siswa dalam materi struktur permukaan bumi, Dari hasil observasi, ternyata dalam pembelajarannya siswa masih suka belajar menghafal, kebiasaan belajar siswa yang salah dan masih seringnya digunakan metode ceramah di sekolahan, adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penggunaan metode peer lessons terhadap hasil belajar IPA Terpadu materi pokok struktur permukaan bumi siswa kelas IX MTs Darul Ulum Demak?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan penggunaan metode peer lessons dan metode ceramah terhadap hasil belajar IPA Terpadu materi pokok struktur permukaan bumi siswa kelas IX MTs Darul Ulum Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu membandingkan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXA dan IXB. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang terkumpul sebelumnya diuji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini sebagai berikut : Pada uji normalitas diperoleh kelompok eksperimen 2hitung = 5,6294 dan kelompok kontrol 2 hitung = 5,9494 dengan α= 5% dari distribusi chi-kuadrat didapat 2 (0,95)(5)= 11,1, sehingga 2 hitung < 2 tabel disimpulkan data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas antar kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan uji kesamaan 2 varian, diperoleh Fhitung = 1,192 dan Ftabel = 2,04 dengan taraf nyata 0,05, data pembilang = 30 dan data penyebut= 21, maka Fhitung < Ftabel. Artinya kedua kelompok homogen. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis uji t. Uji t dilakukan untuk membandingkan hasil belajar antar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukkan bahwa hasil rata-rata kelompok eksperimen adalah 77,333, sedang rata-rata kelompok kontrol adalah 66,190. Berdasarkan uji t satu pihak, yaitu pihak kanan diperoleh thitung = 4,822 dan ttabel = 2,00, berarti thitung > ttabel, sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan metode peer lessons berpengaruh positif pada hasil belajar.
Hasil penelitian ini diharapkan 1. Dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketetapan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. 2. Dapat memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami konsep-konsep IPA dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 3. Dapat memberi masukan berharga bagi sekolah dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan proses pembelajaran IPA yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Peer Lessons; IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 550 Earth sciences > 551 Geology, hydrology, meteorology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 06:48
Last Modified: 14 Jul 2014 06:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2361

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics