Penerapan metode kooperatif numbered head together (NHT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar al-Qur’an Hadits pada materi surat al-Lahab siswa kelas IV A MI Sabilul ‘Ulum Mayonglor Mayong Jepara tahun pelajaran 2010/2011

Mufarrihah, Mufarrihah (2011) Penerapan metode kooperatif numbered head together (NHT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar al-Qur’an Hadits pada materi surat al-Lahab siswa kelas IV A MI Sabilul ‘Ulum Mayonglor Mayong Jepara tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111313-COVER.pdf]
Preview
Text
093111313-COVER.pdf - Accepted Version

Download (685kB) | Preview
[thumbnail of 093111313-bab1.pdf]
Preview
Text
093111313-bab1.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 093111313-bab2.pdf]
Preview
Text
093111313-bab2.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 093111313-bab3.pdf]
Preview
Text
093111313-bab3.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 093111313-bab4.pdf]
Preview
Text
093111313-bab4.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 093111313-bab5.pdf]
Preview
Text
093111313-bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 093111313-bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111313-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits di kelas IV A MI Sabilul ‘Ulum Mayonglor, hasil belajar yang rendah, guru kurang memotifasi siswa, materi pelajaran sulit dan komplek, sarana pembelajaran yang terbatas, dan proses pembelajaran yang kurang menarik. Adapun pemecahan masalah yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Numbereds Head Together (NHT). Rumusan masalah dalam dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana implementasi metode pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan minat belajar al-Qur’an Hadits pada Materi Surat al-Lahab siswa kelas IVA MI Sabilul ‘Ulum Mayonglor Mayong Jepara? 2). Bagaimana implementasi metode pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Hadits pada Materi Surat al-Lahab siswa kelas IVA MI Sabilul ‘Ulum Mayonglor Mayong Jepara?
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui dokumenter, observasi, wawancara, angket, dan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A MI Sabilul ‘Ulum Mayonglor Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2010/2011. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah 1). Minat siswa dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits dengan pendekatan pembelajaran NHT; 2). Hasil belajar siswa dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits dengan pendekatan pembelajaran NHT.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa minat belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I (57,14%), artinya mempunyai minat sedang, dan siklus II (75%), artinya mempunyai minat yang tinggi. Hasil belajar al-Qur’an Hadits siswa juga mengalami peningkatan, hal itu ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, pada siklus I (67,86%), artinya ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai, dan pada siklus II (78,57%), artinya ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai.
Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa dengan model pembelajaran NHT mempunyai dampak positif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas IV A MI Sabilul ‘Ulum Mayonglor Mayong Jepara. Disarankan dapat dimanfaatkan sebagai masukan atau bahan pertimbangan guru khusunya pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits bahwa pembelajaran model NHT perlu diterapkan dan dikembangkan, karena pembelajaran tersebut dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Minat Belajar; al-Qur’an Hadits; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 04 Jul 2014 06:53
Last Modified: 04 Jul 2014 06:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2439

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics