Peran orang tua dalam mendidik kecerdasan emosional anak dalam perspektif pendidikan Islam

Anwar, Torikul (2011) Peran orang tua dalam mendidik kecerdasan emosional anak dalam perspektif pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111401-cover.pdf]
Preview
Text
093111401-cover.pdf - Accepted Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of 093111401-bab 1.pdf]
Preview
Text
093111401-bab 1.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 093111401-bab 2.pdf]
Preview
Text
093111401-bab 2.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 093111401-bab 3.pdf]
Preview
Text
093111401-bab 3.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 093111401-bab 4.pdf]
Preview
Text
093111401-bab 4.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 093111401-bab 5.pdf]
Preview
Text
093111401-bab 5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 093111401-bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111401-bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

skripsi ini membahas tentang peran orang tua dalam mendidik kecerdasan emosional anak dalam perspektif pendidikan islam. Adapun rumusan masalah dalam penulisan ini adalah bagimana peran orang tua dalam mendidik kecerdasan emosional anak dalam perspektif pendidikan Islam ? tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui peran orang tua yang harus dilakukan untuk dapat memberikan pendidikan kecerdasan emosional anak sesuai dengan pandangan Islam. adapun manfaat dari penelitian tersebut adalah (1) Agar dipahami tentang bagimana peran orang tua dalam mendidik anaknya terutama dengan pendekatan secara emosional dalam perspektif pendidikan Islam. (2) Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan dorongan kepada orang tua dan guru khususnya guru Pendidikan Agama. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah Library Reseach atau kepustakaan yaitu penulis membaca buku yang berkaitan dengan permasalahan yang ada kemudian dijadikan sumber data dengan menggunakan metode pengumpulan data, metode pengolahan data, dan analisis data. Analisis data setelah data-data terkumpul penulis memulai mengolah data dengan metode metode (1) Analisa, yakni jalan yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan mengadakan perincian terhadap objek yang diteliti atau cara penanganan terhadap suatu objek ilmiah antara pengertian yang lain. (2) Metode Deksriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan penggambaran / melukiskan keadaan subjek / objek penelitian. (3) metode Content analisis, yaitu analisa ilmiah tentang isi pesan atau komunikasi. Adapun hasil dari penelitian peran orang tua dalam kecerdasan emosional anak dalam perspektif pendidikan islam adalah : (1) Pembentukan manusia yang bermoral tinggi, yakni seorang manusia yang memiliki pola iman dan amal soleh. seseorang yang beriman. Mempunyai rasa cinta kasih dan empati tinggi pada diri sendiri. (2) Pembentukan kepribadian mutmainnah yakni pribadi yang dapat mengendalikan dorongan nafsu dan emosi sehingga akan timbul sikap hati-hati, waspada, tenang, sabar, dan ikhlas. (3) Kesolehan sosial. Salah satu tujuan pendidikan adalah menciptakan kesolehan diri dan kesalehan sosial. Dalam membina relasi sosial secara harmonis, kemampuan menempatkan emosi pada orang yang tepat, saat yang tepat dan cara yang tepat sangat dibutuhkan. Dalam konteks pembelajaran, seorang pendidik yang memiliki kecerdasan emosional sangat penting. Karena dapat menciptakan nuansa pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat menggugah semangat belajar anak didik. Hal ini akan sangat membantu anak didik dalam mengembangkan kecerdasan emosional. (4) Pembentukan kearifan dalam kepribadian anak, sehingga anak mampu secara baik mengeluarkan gagasannya secara sopan dan terbentukanya ekspresi diri secara matang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Peran Orang Tua; Kecerdasan Emosional
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:53
Last Modified: 07 Jul 2014 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics