Implementasi strategi bauran pemasaran dan loyalitas pelanggan muslim pada Hotel Graha Agung Semarang

Rofiqoh, Rofiqoh (2014) Implementasi strategi bauran pemasaran dan loyalitas pelanggan muslim pada Hotel Graha Agung Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 082411122_Coverdll.pdf]
Preview
Text
082411122_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 082411122_Bab1.pdf]
Preview
Text
082411122_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 082411122_Bab2.pdf]
Preview
Text
082411122_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 082411122_Bab3.pdf]
Preview
Text
082411122_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 082411122_Bab4.pdf]
Preview
Text
082411122_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 082411122_Bab5.pdf]
Preview
Text
082411122_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 082411122_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
082411122_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Hotel syariah merupakan bisnis baru diperkenalkan dalam dunia bisnis, untuk dapat mengenalkan hotel syariah maka seorang pemasaran perlu membuat strategi bauran pemasaran sehingga target yang telah ditetapkan dapat tercapai. Bauran pemasaran atau marketing mix secara umum terdiri dari empat variabel yaitu product, price, place, dan promotion, akan tetapi dalam bauran pemasaran jasa ditambah lagi tiga variabel lagi yaitu process, people, dan customer servis. Perhatian manajer pemasaran dalam menggunakan strategi bauran pemasaran yang tepat berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas pelanggan muslim hotel syariah.
Berdasarkan latar belakang diatas yang menjadi tujuan penelitian ini adalah pertama kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dihadapi oleh Hotel Graha Agung Semarang dalam meningkatkan loyalitas pelanggan muslim di Hotel Graha Agung Semarang dan yang kedua implementasi strategi bauran pemasaran di Hotel Graha Agung Semarang dalam meningkatkan loyalitas pelanggan muslim di Hotel Graha Agung Semarang. yang menjadi objek penelitian ini adalah di Hotel Graha Agung Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi, kemudian dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam meningkatkan loyalitas pelanggan muslim di Hotel Graha Agung Semarang. Kelemahan adalah kurangnya tersedia kamar berukuran standar, kurangnya tersedia produk pendukung (lampu tidur, pasta gigi, sikat gigi, dan meeting room), kurangnya sumber daya manusia dalam menjalankan fungsinya sehingga beberapa jabatan di rangkap, kurangnya promosi dilakukan hanya terbatas pada memenuhi undangan dari Kementerian Kebudayaan dan penyebaran brosur kepada pengunjung Masjid Agung Jawa Tengah. Kekuatan terhadap loyalitas pelanggan yaitu Hotel Graha Agung Semarang terletak di komplek Masjid Agung Jawa Tengah, menggunakan sistem manajemen syariah dalam pelaksanaan strategi bauran pemasaran, menyediakan family room dengan kamar 10 bed single, dan menyediakan parkir yang luas.
Setelah melalui tahap pengumpulan data dan analisis data maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: implementasi strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh Hotel Graha Agung Semarang belum maksimal dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan selama tujuh tahun lebih hanya ada sebelas pelanggan yang loyal terhadap Hotel Graha Agung Semarang. Implementasi strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan loyalitas pelanggan muslim Hotel Graha Agung Semarang Yaitu, product (menyediakan kamar dengan ukuran besar yang menyediakan 10 bed single), place (terletak di komplek Masjid Agung Jawa Tengah), price (memberikan diskon bagi tamu hotel yang mengadakan kegiatan di Masjid Agung Jawa Tengah), process (memberikan pelayanan dengan ramah dan pemberian salam bagi tamu yang datang), promotion, people, customer servis masih perlu perbaikan dan peningkatan secara berkala.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Loyalitas Pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Nov 2014 04:41
Last Modified: 06 Nov 2014 04:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics