Strategi pemasaran produk funding tabungan wadi’ah salamah di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi

Hikmah, Nikmatul (2014) Strategi pemasaran produk funding tabungan wadi’ah salamah di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi. Diploma thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 112503092_coverdll.pdf]
Preview
Text
112503092_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 112503092_bab1.pdf]
Preview
Text
112503092_bab1.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 112503092_bab2.pdf]
Preview
Text
112503092_bab2.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 112503092_bab3.pdf]
Preview
Text
112503092_bab3.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 112503092_bab4.pdf]
Preview
Text
112503092_bab4.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 112503092_bibliografi.pdf]
Preview
Text
112503092_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (6kB) | Preview

Abstract

BPRS Ben Salamah Abadi yang terletak di jalan Ahmad Yani No. 35 Purwodadi Grobogan Jawa Tengah. Dimana BPRS Ben Salamah Abadi merupakan perbankan syariah pertama yang ada di purwodadi. BPRS Ben Salamah Abadi ini berdiri untuk memberikan layanan perbankan syariah kepada masyarakat. Agar masyarakat mengetahui produk-produk apa saja yang ada di BPRS Ben Salamah Abadi, maka BPRS Ben Salamah Abadi harus mempunyai strategi pemasaran produk-produk tersebut, yakni yang salah satunya adalah produk funding. Dimana produk funding yang diminati oleh masyarakat purwodadi adalah Tabungan Wadi’ah Salamah. Latar belakang dari tugas akhir ini adalah banyaknya nasabah yang memilih untuk menggunakan produk funding Tabungan Wadi’ah Salamah. Dan menjadikan produk funding Tabungan wadi’ah Salamah ini sebagai produk unggulan di BPRS Ben Salamah Abadi.
Dari latar belakang tersebut maka penelitian ini berjudul “Strategi Pemasaran Produk Funding Tabungan Wadi’ah Salamah di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi”. Dari judul tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana strategi pemasaran produk funding Tabungan Wadi’ah Salamah di BPRS Ben Salamah Abadi dan juga kendala apa saja yang dihadapi BPRS Ben Salamah Abadi serta bagaimana cara mengatasinya.
Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan sistem wawancara kepada karyawan BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi, observasi secara langsung terhadap objek tertentu yang menjadi fokus penelitian dan mengetahui suasana kerja di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi serta mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan produk funding Tabungan Wadi’ah Salamah sebagai produk unggulan di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis di BPRS Ben Salamah Abadi Purwodadi dapat disimpulkan sebagai berikut: Tabungan Wadi’ah Salamah adalah tabungan dalam bentuk simpanan yang menggunakan prinsip Wadi’ah Yad Dhamanah yang dapat disetor dan diambil kapan saja dan dengan mendapatkan hasil yang menguntungkan dari hasil usaha BPRS Ben Salamah Abadi. Strategi yang digunakan oleh BPRS Ben Salamah Abadi pada produk Tabungan Wadi’ah Salamah yaitu menggunakan bauran pemasaran yang berlandaskan syariah, yakni product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat), people (orang), process (proses), dan customer service (layanan konsumen). Dan kendala-kendala yang dihadapi oleh BPRS Ben Salamah Abadi dalam pemasaran yaitu kurangnya sumber daya manusia yang kurang memadai yakni jumlah karyawan yang masih sedikit, kurangnya varian produk yang ada di BPRS Ben Salamah Abadi, serta kurangnya promosi yaitu alat promosi seperti brosur ysng berisi profil BPRS Ben Salamah Abadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabungan Wadi’ah Salamah; Strategi Pemasaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Dec 2014 08:16
Last Modified: 21 May 2021 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics