Nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam

Sa’dullah, Sa’dullah (2010) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3104334_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3104334_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (671kB) | Preview
[thumbnail of 3104334_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3104334_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 3104334_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3104334_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 3104334_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3104334_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 3104334_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3104334_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 3104334_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3104334_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 3104334_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3104334_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah pertama, ingin mengetahui nilai-nilai Pendidikan Islam dalam konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian. Kedua, untuk mengetahui relevansi konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian dengan Tujuan Pendidikan Islam.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan memakai metode deskriptif, yaitu penelitian yang bermaksud membuat pencandraan (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian, dalam arti akumulasi data dasar dengan cara deskriptif semata.
Penelitian ini menggunakan Metode Riset Perpustakaan (library research). Dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Islam dalam konsep ESQ mempunyai relevansi dengan tujuan Pendidikan Islam dan tujuan dari pembelajaran PAI, khususnya mata pelajaran aqidah akhlak dan fiqih. Ternyata nilai-nilai Pendidikan Islam dalam konsep ESQ telah diinternalisasikan ke dalam tujuan pembelajaran PAI yang termaktub dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Sedangkan Relevansi konsep ESQ dengan tujuan Pendidikan Islam adalah bahwa konsep pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual yang digagas Ary Ginanjar Agustian dengan Pendidikan Islam mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk membentuk Insan Kamil (manusia sempurna) atau manusia yang baik di mata manusia dan baik di hadapan sang Khalik (secara vertikal dan horizontal) atau istilah dalam pendidikan Nasional adalah manusia seutuhnya.
Selain itu, Konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian memadukan integrasi IQ, EQ dan SQ melalui prinsip tauhid. Dengan kesadaran tauhid, maka emosi akan terkendali, sehingga akan timbul rasa tenang dan damai. Dengan ketenangan emosi yang terkendali tersebut, maka God spot atau pintu hati terbuka dan bekerja, sehingga bisikan-bisikan Ilahiah yang mengajak kepada sifat-sifat keadilan, kasih sayang, kejujuran, tanggung jawab, kepedulian, kreativitas, komitmen, kebersamaan, perdamaian dan bisikan hati mulia lainnya akan terdengar sehingga potensi kecerdasan intelektual dan emosional bekerja dengan optimal. Hal ini sesuai dengan Tujuan terakhir Pendidikan Islam terletak pada perwujudan ketundukan yang sempurna kepada Allah, baik secara pribadi, komunitas, maupun seluruh umat manusia.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. Darmuin, M.Ag.; Syamsul Ma’arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Emotional and Spiritual Quotient (ESQ); Kecerdasan Emosional; Kecerdasan Spiritual
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 31 Dec 2014 09:03
Last Modified: 31 Dec 2014 09:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics