Manajemen pembelajaran agama Islam non formal bagi penyandang tunanetra di Panti Tunanetra dan Tunarungu Wicara Distrarastra Pemalang

Arifin, Akhsanul (2010) Manajemen pembelajaran agama Islam non formal bagi penyandang tunanetra di Panti Tunanetra dan Tunarungu Wicara Distrarastra Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63311023_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63311023_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of 63311023_Bab1.pdf]
Preview
Text
63311023_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 63311023_Bab2.pdf]
Preview
Text
63311023_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 63311023_Bab3.pdf]
Preview
Text
63311023_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 63311023_Bab4.pdf]
Preview
Text
63311023_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 63311023_Bab5.pdf]
Preview
Text
63311023_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 63311023_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63311023_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran agama Islam non formal bagi penyandang tunanetra di Panti Distrarastra Pemalang; (2). Upaya optimalisasi manajemen pembelajaran agama Islam non formal bagi penyandang tunanetra di Panti Distrarastra Pemalang.

Penelitian ini merupakan jenis peneitian field research atau penelitiam lapangan kualitatif dengan metode penelitian diskriptif. Metode pengumpulan data di peroleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif.

Dari hasil penelitian ini menunujukkan bahwa: (1). Dalam pelaksanaan pembelajarannya, ternyata anak tunanetra mempunyai semangat yang luar biasa dalam pembelajaran dan pengajar menerapkan strategi dan metode pembiasaan agar meteri yang di terima anak dapat menjadi sebuah pembiasaan pada diri anak. Pengajar memberikan pendekatan secara individual dan memberi perhatian yang lebih serta selalu memberi pertanyaan kepada anak apakah sudah paham atau belum tentang materi yang telah disampaikan; (2). Upaya optimalisasi dilakukan dengan selalu memberi dorongan dan motivasi untuk terlaksananya pembelajaran agama Islam yang baik dan benar. Kerja sama antara pemerintah dan pihak panti Distrarastra juga selalu dilakukan dengan mengadakan guru pembimbing khusus bagi anak tunanetra, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga dalam hal pengadaan buku pelajaran dan Al Qur’an braille bagi anak tunanetra.

Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi, khusunya bagi pihak Panti Distrarastra Pemalang khususnya bagi para staf pengajar, sehingga dapat dijadikan bahan untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran agama Islam dan sumber daya manusia yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Jasuri, M.SI.; Fahrurrozi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran; Tunanetra; Tunarungu Wicara
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Jan 2015 05:03
Last Modified: 27 Jan 2015 05:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics