Pengaruh dimensi reliabilitas dan etika pelayanan terhadap kepuasan nasabah (studi pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) PNM BINAMA Semarang)

Ervani, Naili (2009) Pengaruh dimensi reliabilitas dan etika pelayanan terhadap kepuasan nasabah (studi pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) PNM BINAMA Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 2105076 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
2105076 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2105076 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
2105076 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 2105076 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
2105076 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 2105076 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
2105076 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 2105076 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
2105076 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 2105076 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
2105076 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 2105076 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
2105076 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bank syari'ah yang pesat belum diimbangi dengan peningkatan market share, meskipun sulit dicapai namun tidak bisa dibantah bahwa perkembangan bank syari'ah akan terus melaju menuju 5%. Oleh karena itu untuk berbenah, perbankan syari'ah harus melakukan berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan market share yaitu dengan meningkatkan kinerja pelayanan yang berupa keandalan dan etika pelayanan agar membentuk kepuasan nasabah.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh dimensi reliabilitas (keandalan), pada BPRS PNM BINAMA Semarang (2) Untuk mengetahui pengaruh etika pelayanan pada BPRS PNM BINAMA Semarang (3) Untuk mengetahui pengaruh dimensi reliabilitas (keandalan) dan etika pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada BPRS PNM BINAMA Semarang.
Metodologi yang digunakan adalah : Pertama, penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Kedua, objek penelitian adalah dimensi reliabilitas (keandalan), etika pelayanan, dan kepuasan nasabah. Adapun subjek penelitian adalah nasabah BPRS PNM BINAMA Semarang sebagai unit yang dianalisis. Sampel penelitian sebanyak 50 nasabah dengan menggunakan teknik random sampling. Ketiga, untuk menganalisis dapat digunakan alat analisis antara lain: untuk dimensi reliabilitas (keandalan), etika pelayanan dan kepuasan nasabah BPRS PNM BINAMA Semarang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menguji pengaruh dimensi reliabilitas, etika pelayanan, dan kepuasan nasabah digunakan analisis multiple regression. Keempat, Berdasarkan analisis deskriptif prosentase variabel dimensi reliabilitas (keandalan) termasuk kriteria handal dalam mencatat transaksi, sedangkan variabel etika pelayanan termasuk kriteria ramah (baik) dalam melayani nasabah, dan variabel kepuasan nasabah termasuk kriteria puas dengan pelayanan yang diberikan.
Berdasarkan hasil uji t secara parsial bahwa kedua variabel (X1 dan X2) mempunyai p value (Sig.) sebesar 0.001 probabilitasnya lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 yang berarti secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dimensi reliabilitas dan etika pelayanan terhadap kepuasan nasabah.
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa koefisien determinasi yang dinotasikan dengan R2 besarnya 0,509, ini berarti variabel kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel dimensi reliabilitas (X1), dan etika pelayanan (X2) yang diturunkan dalam model sebesar 50,9 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Reliabilitas; Etika pelayanan; Kepuasan nasabah; Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 18 Mar 2015 03:50
Last Modified: 20 May 2021 04:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics