Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat nasabah non muslim menjadi nasabah di Bank Syariah (studi pada Bank CIMB Niaga Syariah Cabang Semarang)

Machmudah, Rifa'atul (2009) Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat nasabah non muslim menjadi nasabah di Bank Syariah (studi pada Bank CIMB Niaga Syariah Cabang Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 052411033 - Coverdll.pdf]
Preview
Text
052411033 - Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 052411033 - Bab 1.pdf]
Preview
Text
052411033 - Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 052411033 - Bab 2.pdf]
Preview
Text
052411033 - Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 052411033 - Bab 3.pdf]
Preview
Text
052411033 - Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 052411033 - Bab 4.pdf]
Preview
Text
052411033 - Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 052411033 - Bab 5.pdf]
Preview
Text
052411033 - Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 052411033 - Bab 5.pdf]
Preview
Text
052411033 - Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 052411033 - Bibliography.pdf]
Preview
Text
052411033 - Bibliography.pdf - Bibliography

Download (22kB) | Preview

Abstract

Bank CIMB Niaga Syariah merupakan suatu unit usaha dari bank CIMB Niaga Konvensional, yang menganut Dual Banking System dimana kegiatan operasionalnya dilandaskan pada pembagian keuntungan dan kerugian (Profit and Loss Sharing). Dalam perkembangannya nasabah Bank CIMB Niaga Syariah Cabang Semarang tidak hanya terdiri dari nasabah muslim saja, nasabah non muslimpun banyak yang menjadi nasabah di Bank CIMB Niaga Syariah Cabang Semarang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor lokasi, pelayanan, religius stimuli, reputasi, profit sharing, promosi terhadap minat nasabah non muslim menjadi nasabah di Bank Syariah baik secara parsial maupun simultan, dan untuk mengaetahui faktor manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap minat nasabah non muslim menjadi nasabah di Bank Syariah diantara ke enam faktor diatas.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Jumlah sampel diambil berdasarkan batas minimal pengambilan sampel. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan cara Purposive Sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan membagikan pada nasabah non muslim Bank CIMB Niaga Syariah Cabang Semarang, Metode analisis dan datanya menggunakan reresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t dan uji F), pengolahan datanya menggunakan SPSS 16 for Windows.
Dari hasil penelitian data didapatkan model regresi linier berganda Uji t menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen berpengaruh positif dan signifikan. Dari uji F sebesar 10.2034 yang mengandung arti bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel lokasi, pelayanan, religius stimuli, reputasi, profit sharing, dan promosi terhadap minat nasabah non-muslim menjadi nasabah bank syari’ah. Dari koefisien determinasi diketahui bahwa 95.4% variasi minat nasabah non-muslim menjadi nasabah bank syariah ( Bank CIMB Niaga Syariah Cabang Semarang) dapat di jelaskan oleh faktor lokasi, pelayanan, religius stimuli, reputasi, profit sharing, dan promosi sedangkan sisanya sebesar 4.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis. Dan dari model regresi tersebut dapat diketahui bahwa profit sharing (X5) merupakan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi minat nasabah non-muslim menjadi nasabah di Bank CIMB Niaga Syariah Cabang Semarang. Dari uji asumsi klasik diketahui bahwa model regresi ini sesuai dengan asumsi klasik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Saifullah, M. Ag.; Ari Kristin, P. S.E., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Minat nasabah non muslim; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 25 Mar 2015 09:28
Last Modified: 25 Mar 2015 09:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3760

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics