Studi komparasi prestasi belajar kognitif bidang studi biologi materi sistem gerak manusia antara siswa kelas XI SMAN 8 Semarang dan siswa kelas XI MAN 1 Semarang

Falah, Moh Azkal (2014) Studi komparasi prestasi belajar kognitif bidang studi biologi materi sistem gerak manusia antara siswa kelas XI SMAN 8 Semarang dan siswa kelas XI MAN 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Preliminray pages]
Preview
Text (Preliminray pages)
103811032_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (689kB) | Preview
[thumbnail of Chapter_1]
Preview
Text (Chapter_1)
103811032_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of Chapter_2]
Preview
Text (Chapter_2)
103811032_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of Chapter_3]
Preview
Text (Chapter_3)
103811032_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_4]
Preview
Text (Chapter_4)
103811032_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Chapter_5]
Preview
Text (Chapter_5)
103811032_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 103811032_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
103811032_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 103811032_Lampiran.pdf]
Preview
Text
103811032_Lampiran.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang studi komparasi prestasi belajar kognitif bidang studi biologi materi sistem gerak manusia antara siswa kelas XI SMAN 8 Semarang dan siswa kelas XI MAN 1 Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pandangan masyarakat umum yang menganggap bahwa prestasi belajar di SMAN lebih baik dari pada MAN. Penelitian ini bertujuan untuk mencari seberapa besar perbedaan prestasi belajar kognitif biologi antara siswa SMAN 8 dan MAN 1 Semarang. Penelitian dibatasi pada materi sistem gerak manusia dan hanya pada siswa kelas XI IPA. Pemilihan SMAN 8 dan MAN 1 sebagai tempat penelitian karena kedua sekolah memiliki karakteristik yang hampir sama.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana tingkat prestasi belajar kognitif bidang studi biologi materi sistem gerak manusia siswa kelas XI SMAN 8 Semarang? (2) Bagaimana tingkat prestasi belajar kognitif bidang studi biologi materi sistem gerak manusia siswa kelas XI MAN 1 Semarang? (3) Seberapa besar perbedaan prestasi belajar kognitif biologi materi sistem gerak manusia antara siswa kelas XI SMAN 8 dan MAN 1 Semarang?
Jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik analisis komparatif. Teknik pengumpulan data meliputi tes objektif, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi kelas XI SMAN 8 dan MAN 1 Semarang. Teknik pengumpulan sampel menggunakan simple random sampling, dari sejumlah kelas diambil satu kelas secara acak untuk dijadikan sampel.
Data hasil penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t-tes Polled Varians. Hasil perhitungan uji t, diketahui nilai thitung sebesar 2,669 setelah dicocokkan pada ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,017, maka thitung > ttabel (2,669 > 2,017) sehingga hasilnya signifikan. Data penelitian menunjukkan diterima dan ditolak, berarti terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kognitif bidang studi biologi materi sistem gerak manusia antara siswa kelas XI SMAN 8 dan siswa kelas XI MAN 1 Semarang.
Data hasil penelitian diketahui nilai rata-rata siswa SMAN 8 72,65, sedangkan nilai rata-rata siswa MAN 1 67,35. Data tersebut menunjukkan bahwa rata-rata kelas sampel SMAN 8 lebih tinggi dari pada rata-rata kelas sampel MAN 1 Semarang, dengan perbedaan prosentase prestasi belajar sebesar 25,8%.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa memberi informasi dan masukan bagi SMAN 8 dan MAN 1 untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswa. khususnya bagi MAN 1 agar bisa memaksimalkan proses pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa bisa menyamai atau bahkan melebihi SMAN 8.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar kognitif; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Apr 2015 08:36
Last Modified: 21 May 2021 08:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics