Problematika menghafal Al-Qur’an dan solusinya dalam perspektif tasawuf (studi kasus di Pondok Pesantren Huffadhil Qur’an An-Nur Pamriyan Gemuh Kendal)

Sa'adah, Naelis (2014) Problematika menghafal Al-Qur’an dan solusinya dalam perspektif tasawuf (studi kasus di Pondok Pesantren Huffadhil Qur’an An-Nur Pamriyan Gemuh Kendal). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 094411012_Coverdll.pdf]
Preview
Text
094411012_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (819kB) | Preview
[thumbnail of 094411012_bab1.pdf]
Preview
Text
094411012_bab1.pdf - Accepted Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 094411012_bab2.pdf]
Preview
Text
094411012_bab2.pdf - Accepted Version

Download (641kB) | Preview
[thumbnail of 094411012_bab3.pdf]
Preview
Text
094411012_bab3.pdf - Accepted Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 094411012_bab4.pdf]
Preview
Text
094411012_bab4.pdf - Accepted Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 094411012_bab5.pdf]
Preview
Text
094411012_bab5.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 094411012_bibliografi.pdf]
Preview
Text
094411012_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (99kB) | Preview

Abstract

Menghafal al-Qur’an adalah proses memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian al-Qur’an. Di dalam al-Qur’an surat al-Qamar ayat 17 Allah telah menjamin bahwa al-Qur’an telah dimudahkan untuk dipelajari dan dihafalkan. Dan bagian akhir dari ayat tersebut merupakan pertanyaan yang bermakna perintah. Hal ini memberitahukan bahwa al-Qur’an mudah untuk dihafalkan dan Allah juga menantang hamba-Nya untuk membuktikan statemen tersebut.
Akan tetapi pada praktiknya para santri yang sedang menghafal menghadapi berbagai problem bahkan hingga menyurutkan niat suci tersebut. Untuk itu penelitian ini bermaksud mencari tahu apa saja problematika yang dihadapi santri dalam menghafal al-Qur’an dan solusi dari padanya dalam perspektif tasawuf.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode observasi partisipasi moderat dan wawancara semiterstruktur. Dengan responden santri dan alumni yang menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Huffadhil Qur’an An-Nur Pamriyan Gemuh Kendal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para santri memiliki beragam problem selama kegiatan menghafal al-Qur’an. Problem tersebut dibedakan sebagai problem internal (dalam diri) dan problem eksternal (luar diri). Seperti rasa malas, tidak sabar dan putus asa, tidak bisa mengatur dan memanfaatkan waktunya dengan baik, tidak mampu disiplin, lupa, bermaksiat, ada masalah dengan lingkungan fisik dan sosialnya.
Beragam problem yang dihadapi, menuntut santri untuk aktif dan kreatif mencari solusi atas problematika yang dihadapi. Dan usaha-usaha yang mereka lakukan adalah dengan cara berwudlu, ber-mujahaddah, melakukan hobi, berkonsultasi dengan orang tua dan teman, membaca buku-buku inspiratif, bergaul dengan teman yang baik akhlaknya, bersabar dan tetap beristiqamah meski mengalami kesulitan, banyak ber-istighfar, istirahat yang cukup, minum madu dan habbat al-sauda, memahami dan mengamalkan isi ayat yang sudah dihafal untuk menguatkan hapalan. Kreatif menciptakan suasana dan lingkungan yang kondusif dan nyaman, dan berakhlak baik dengan siapa pun dalam pergaulan. Solusi yang sudah dikembangkan para responden dalam mengatasi berbagai problem yang dihadapi sudah memiliki ketepatan dengan nilai-nilai positif tasawuf. Seperti sikap istiqamah, mujahaddah, shabar, wara’ dan sikap-sikap positif lainnya.
Kata kunci: hafalan, al-Qur’an dan tasawuf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. M .Amin Syukur, MA.; Fitriyati, S. Psi., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an; Tasawuf; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Apr 2015 09:50
Last Modified: 23 Apr 2015 09:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3957

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics