Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar) Lapas Anak Kutoarjo

Yasri, Yasri (2014) Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar) Lapas Anak Kutoarjo. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103311039_Coverdll.pdf]
Preview
Text
103311039_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of 103311039_bab1.pdf]
Preview
Text
103311039_bab1.pdf - Accepted Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 103311039_bab2.pdf]
Preview
Text
103311039_bab2.pdf - Accepted Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 103311039_bab3.pdf]
Preview
Text
103311039_bab3.pdf - Accepted Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 103311039_bab4.pdf]
Preview
Text
103311039_bab4.pdf - Accepted Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 103311039_bab5.pdf]
Preview
Text
103311039_bab5.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 103311039_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103311039_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (125kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di PKBM Lapas Anak Kutoarjo. Kajiannya dilatarbelakangi oleh penerapan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan di PKBM Lapas Anak Kutoarjo sebagaimana yang telah disebutkan dalam UU nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak, bahwa anak binaan lapas berhak mendapatkan pendidikan dan pelatihan selama tinggal di dalam Lapas. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: a. Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di PKBM Lapas Anak Kutoarjo? b. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di PKBM Lapas Anak Kutoarjo?, c. Bagaimana pengawasan pembelajaran PAI di PKBM Lapas Anak Kutoarjo. d. Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di PKBM Lapas Anak Kutoarjo?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Lapas Anak Kutoarjo. Lembaga pemasyarakatan Anak Kutoarjo tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan model secara reduksi, penyajian data dan verifikasi data
Kajian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di Lapas Anak Kutoarjo belum sesuai dengan teori manajemen pembelajaran PAI. Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di PKBM Lapas Anak Kutoarjo pada dasarnya sudah bagus. Hanya saja masih ditemukan beberapa hal yang kurang sesuai dengan teori manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam. Misalkan dari segi perencanaan pembelajaran. Pihak PKBM sudah menganalisis kebutuhan para peserta didik terkait kebutuhan materi pembelajaran PAI, serta sudah mengimplementasikan bahwa materi pembelajaran PAI lebih ditekankan pada pembelajaran materi aqidah akhlak, guna memperbaiki aqidah akhlak para peserta didik. Hanya saja guru/tutor belum mampu merumuskan semua rencana pembelajaran dalam bentuk RPP.
Pelaksanaan pembelajaran PAI. Pelaksanaan pembelajaran PAI di PKBM Lapas Anak Kutoarjo belum berjalan maksimal. Hal ini didasari beberapa hal, yakni: persiapan pembelajaran PAI yang kurang matang menjadikan pelaksanaan proses pembelajaran juga kurang maksimal. Kemampuan guru dalam mengorganisir pembelajaran juga menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di PKBM Lapas Anak Kutoarjo. Guru dirasa belum mampu mengorganisir semua unsur pembelajaran PAI, sehingga pembelajaran PAI terkesan berjalan monoton. Pengawasan pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan oleh pihak PKBM diawasi langsung oleh para tutor dan para staff PKBM. Belum adanya standar atau patokan pengawasan menyebabkan proses manajemen pembelajaran PAI di PKBM Lapas Anak Kutoarjo belum berjalan dengan baik. Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan oleh pihak PKBM belum sepenuhnya sesuai dengan teori pembelajaran PAI. Pihak PKBM hanya menggunakan soal-soal tertulis di buku paket atau LKS guna mengevaluasi hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Fatah Syukur NC, M. Ag.; Dr. Ikhrom, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Pusat Kegiatan Belajar Mengajar; Lapas Anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 360 Social services; association > 365 Penal and related institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 28 Apr 2015 09:24
Last Modified: 28 Apr 2015 09:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics