Hubungan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun 2014/2015

Rahmawati, Riza (2014) Hubungan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103111094_coverdll.pdf]
Preview
Text
103111094_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of 103111094_bab1.pdf]
Preview
Text
103111094_bab1.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 103111094_bab2.pdf]
Preview
Text
103111094_bab2.pdf - Accepted Version

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of 103111094_bab3.pdf]
Preview
Text
103111094_bab3.pdf - Accepted Version

Download (976kB) | Preview
[thumbnail of 103111094_bab4.pdf]
Preview
Text
103111094_bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103111094_bab5.pdf]
Preview
Text
103111094_bab5.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 103111094_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103111094_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang hubungan antara kebiasaan
membaca Al-Qur‟an dengan minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun 2014/ 2015. Penelitian ini dilatar belakangi oleh
timbulnya kebiasaan membaca Al-Qur‟an yang terkait dengan tingginya minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada Hubungan antara Kebiasaan Membaca Al
-Qur‟an dengan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam
Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun
2014/ 2015?.Dan penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara kebiasaan membaca Al-Qur‟an dengan minat belajar pendidikan agama Islam
peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun 2014/ 2015.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan teknik analisis korelasi. Teknik korelasi dalam metode penelitian ini yang digunakan adalah korelasi product moment. Teknik ini digunakan untuk
membandingkan hasil pengukuran antara dua variabel
yang berbeda agar dapat menentukan memperoleh informasi mengenai taraf hubungan yang terjadi antara dua variabel tersebut. Subyek penelitian sebanyak 64responden, yang terdiri atas kelas XII Akuntansidan XII Animasi di SMKMuhammadiyah 1 Semarang. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis statistik.Penelitian ini menunjukkan bahwa, Hubungan antara Kebiasaan Membaca Al-
Qur‟an dengan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun 2014/
2015” dapat diketahui, Kebiasaan Membaca Al-Qur‟an Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun 2014/2015
termasuk dalam kategori sedang, pada nilai rata-rata dari
variabel kebiasaan membaca Al-Qur‟an (variabel X) yang
diperoleh melalui jawaban responden adalah 37 yang berada pada interval 36-43. Dan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun 2014/ 2015 termasuk kategori sedang, pada
nilai rata-rata dari variabel minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiya
h 1 Semarang tahun 2014/ 2015 (variabel Y) yang
diperoleh melalui jawaban responden adalah 58 yang berada pada interval 55-70.Hasil koefisien korelasirumus analisis
product moment nilai r hitung = 547605758,0 dan r tabel pada taraf signifikansi 5% = 0,244 yang berarti r hitung > r tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak
dan hubungan tersebut masuk pada kriteria sedang karena r hitung berada pada interval 0,41 –0,70.Dan hasil signifikasi antara variabel X dan Y melalui rumus t
hitung yang didapat 5,2 yang lebih besar dari t hitung yang ada pada tabelke 60 sebagai dk yang mendekati dari dk
62, baik pada taraf signifikansi 5% (2,000) maupun pada taraf signifikansi 1% (2,660). Terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur‟an dengan minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun 2014/ 2015. Dengan demikian
hipotesisnya bahwa ada hubungan yang positif antara
kebiasaan membaca Al-Qur‟an dengan minat belajar pendidikan agama Islampeserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun 2014/ 2015, atau dengan kata lain semakin tinggi kebiasaan membaca Al-Qur‟an peserta didik maka akan semakin tinggi minat belajar pendidikan Agama Islam
peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang Tahun
2014/ 2015,sehingga hipotesis yang peneliti ajukan diterima.
Dan hasil determinan koefisien determinasinya 0,299 yang
menggambarkan bahwa dalam penelitian ini kebiasaan membaca Al-Qur‟an mempunyai sumbangan sebesar 29,9% terhadap minat belajar PAI peserta didik kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Semarang tahun 2014/ 2015. Sisanya 70,1% ditentukan oleh faktor-faktor lain yaitu suasana kelas, materi yang dipelaja
ri, sarana dan prasarana, latar belakang, sosial dan ekonomi, dan lingkungan intern maupun ekstern.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahwan Fanani, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur’an; Minat belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Oct 2016 03:08
Last Modified: 06 Oct 2016 03:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4030

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics