Studi komparasi antara metode mind map dengan metode ceramah terhadap hasil belajar Biologi siswa materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas X MA Mu’allimin Mu’allimat Rembang

‘Aini, Mushlihah Qurrotul (2009) Studi komparasi antara metode mind map dengan metode ceramah terhadap hasil belajar Biologi siswa materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas X MA Mu’allimin Mu’allimat Rembang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105041 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105041 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 3105041 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105041 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 3105041 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105041 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 3105041 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105041 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 3105041 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105041 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 3105041 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105041 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 3105041 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3105041 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Studi ini membahas tentang studi komparasi antara metode mind map dengan metode ceramah terhadap hasil belajar biologi siswa materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas X MA. Mu’allimin Mu’allimat Rembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode mind map dengan metode ceramah materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas X MA. Mu’allimin Mu’allimat Rembang? 2). Jika terdapat perbedaan, manakah di antara metode mind map dengan metode ceramah yang lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas X MA. Mu’allimin Mu’allimat Rembang?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Eksperimental ialah suatu penyelidikan ilmiah yang menuntut peneliti memanipulasi dan mengendalikan satu atau lebih variabel bebas serta mengamati variabel terikat, untuk melihat perbedaan yang sesuai dengan manipulasi variabel-variabel bebas tersebut. Desain eksperimen dalam penelitian ini yaitu true experimental design. Bentuk design true experimental dalam penelitian ini adalah pretest-postest control group design.
Maka pada akhir skripsi ini dapat diambil simpulan sebagai berikut: Hasil belajar biologi siswa materi pokok klasifikasi makhluk hidup, berdasarkan rata-rata nilai hasil belajar kelompok eksperimen (metode mind map) pre-tes adalah 53,5 dan post-test adalah 69,375. dan rata-rata nilai hasil belajar kelompok kontrol (metode ceramah) pre-test adalah 46,125 dan post test adalah 53,0625. Sehingga diketahui ada perbedaan hasil belajar antara metode mind map dengan metode ceramah.
Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, terlihat bahwa hasil belajar kedua kelompok tersebut berbeda secara signifikan atau nyata. dari hasil tes yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen pre tes adalah 53,5 dan post test adalah 69,375. Sedangkan kelompok kontrol pre test adalah 46,125 dan post test adalah 53,0625, berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata pihak (uji t-test) yaitu pihak kanan diperoleh t hitung = 7,263 Dan t tabel adalah 1.66. Karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak, terlihat bahwa hasil belajar kedua kelompok berbeda secara signifikan. Maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran pada kelompok eksperimen dan kontrol tidak identik atau tidak sama. Maka dapat dikatakan bahwa metode mind map lebih baik dari metode ceramah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas X MA. Mu’allimin Mu’allimat Rembang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Metode Mind Map; Metode Ceramah; Hasil Belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 08 May 2015 07:54
Last Modified: 24 May 2021 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4077

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics