Pengaruh pelayanan karyawan dan fasilitas yang diberikan hotel terhadap minat pengunjung untuk menginap ;studi kasus pada Hotel Semesta Semarang;

Syahril, Moh. (2015) Pengaruh pelayanan karyawan dan fasilitas yang diberikan hotel terhadap minat pengunjung untuk menginap ;studi kasus pada Hotel Semesta Semarang;. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 102411166.pdf]
Preview
Text
102411166.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan semakin berkembangnya ekonomi syari’ah di Indonesia, saat ini banyak lembaga yang menerapkan prinsip syari’ah dalam menjalankan usahanya seperti perbankan syari’ah, asuransi syari’ah, hingga sektor bisnis di bidang perhotelan juga menerapkan prinsip syari’ah. Di Semarang terdapat Hotel Semesta yang terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim 125- 127 Kranggan Semarang 51013 - INDONESIA. Hotel Semesta Semarang memiliki fasilitas yang membedakan dengan hotel-hotel lain. Hal yang membedakan Hotel Semesta Semarang dengan hotel lain adalah pelayanan dan fasilitas yang diberikan mencerminkan nilai islami dan bernuansa religi. Sebagai contoh sederhana, semua karyawan hotel mengenakan busana yang menutup akurat, minuman / makanan yang halal serta ketersediaan sarana ibadah disetiap kamar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Sejauhmana Pelayanan Karyawan berpengaruh terhadap Minat Pengunjung untuk Menginap di Hotel Semesta Semarang? 2. Bagaimana fasilitas yang diberikan Hotel Semesta semarang berpengaruh terhadap Minat Pengunjung untuk Menginap? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui pengaruh variabel Pelayanan Karyawan terhadap Minat Pengunjung untuk Menginap di Hotel Semesta Semarang. 2. Mengetahui pengaruh variabel fasilitas yang diberikan Hotel Semesta Semarang terhadap Minat Pengunjung untuk menginap.
Metodologi yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, koefisisen determinasi, uji t parsial dan uji F secara simultan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Pelayanan Karyawan secara persial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Minat pengunjung untuk menginap di Hotel Semesta Semarang, dan Fasilitas yang diberikan Hotel Semesta Semarang, secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat Minat Pengunjung untuk menginap di Hotel Semesta semarang. Uji t dan uji F menghasilkan nilai signifikansi 10%. Kemudian nilai R Square sebesar 0.164 atau 16,4.%. Hal ini menunjukan bahwa variabel independen yaitu pemberian pelayanan karyawan, dan fasilitas yang diberikan oleh hotel semesta semarang hanya mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 16,4%, sisanya 83,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada atau tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Drs. Saikhu, M.H.; Heny Yuningrum, SE., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Hotel dan perhotelan; Pelayanan karyawan; Kinerja karyawan; Minat pengunjung
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 647 Management of public households
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 22 Sep 2015 04:10
Last Modified: 09 Jul 2021 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4488

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics