Analisis strategi promotion mix pada pembiayaan murabahah di JKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan

Kurniasih, Laela (2015) Analisis strategi promotion mix pada pembiayaan murabahah di JKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 122503013.pdf]
Preview
Text
122503013.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan merupakan lembaga keuangan syariah yang melakukan kegiatan penghimpunan dana dan penyaluran dana melalui mekanisme pembiayaan. Salah satu produk penyaluran dana yaitu pembiayaan murabahah. Dalam menjalankan penyaluran dana memerlukan sebuah promosi, sebagai upaya dalam meningkatkan volume penjualan. Memperhatikan hal-hal tersebut diatas, penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS STRATEGI PROMOTION MIX PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KJKS BMT AL-HIKMAH CABANG BANDUNGAN”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promotion mix yang diterapkan oleh KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan. Maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promotion mix pada pembiayaan murabahah di KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan dan analisis strategi promotion mix pada pembiayaan murabahah di KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode wawancara dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa strategi promotion mix pada pembiayaan murabahah di KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan terdiri dari periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas. Kegiatan periklanan dilakukan dengan memberikan brosur, kalender dan website dengan persentase 5 % dari keseluruhan strategi promotion mix. Penjualan pribadi dilakukan oleh salesmen atau bagian pemasaran dengan persentase 70 % dari keseluruhan strategi promotion mix. Promosi penjualan dengan memberikan hadiah kepada nasabah dengan tabungan tertentu, dan jaminan pembelian atas pembiayaan murabahah dengan persentase 15 % dari keseluruhan strategi promotion mix. Publisitas dilakukan untuk meningkatkan citra bank di depan para calon atau nasabahnya melalui kegiatan sponsorship terhadap suatu amal atau bhakti sosial dan olahraga dengan persentase 10 % dari keseluruhan strategi promotion mix. Strategi promotion mix yang digunakan lebih banyak menggunakan penjualan pribadi karena pertimbangan biaya yang kecil. Di samping itu, strategi penjualan pribadi tingkat keberhasilannya dianggap lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : H. Dede Rodin, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Murabahah; Promotion mix; KJKS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Oct 2015 03:17
Last Modified: 30 Oct 2015 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4502

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics