Penerapan model pembelajaran quantum learning berdasarkan gaya belajar dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel peserta didik kelas VIII MTs Sunan Ampel Plososari Patean Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Rohim, Nur Hasan (2015) Penerapan model pembelajaran quantum learning berdasarkan gaya belajar dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel peserta didik kelas VIII MTs Sunan Ampel Plososari Patean Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_093511029_Nur_Hasan_Rohim]
Preview
Text (SKRIPSI_093511029_Nur_Hasan_Rohim)
Nur Hasan Rohim___.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran quantum learning berdasarkan gaya belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Sunan Ampel Plososari Patean Kendal. Latar belalang penelitian ini adalah belum adanya variasi pembelajaran yang diterapkan pendidik, pendidik hanya menggunakan metode ceramah dan mencatat di papan tulis. Peserta didik tidak terlibat aktif dalam pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran quantum learning berdasarkan gaya belajar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Sunan Ampel Plososari Patean Kendal pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini mengambil subjek penelitian peserta didik kelas VIII MTs Sunan Ampel Plososari Patean Kendal pada tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 32 peserta didik. Penelitian yang dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dilakukan dalam dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas peserta didik. Pada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 72,34 dengan ketuntasan belajar klasikal 65,6%. Pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 78,22 dengan ketuntasan belajar klasikal 87,5%.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan, penerapan model pembelajaran quantum learning berdasarkan gaya belajar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Sunan Ampel Plososari Patean Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Quantum Learning; Hasil belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 Oct 2015 03:24
Last Modified: 22 May 2021 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics