Korelasi pengetahuan materi dasar biologi dalam PMR terhadap hasil belajar biologi bagi anggota PMR Kelas XI di MAN 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015

Rahmawati, Yuni Alfiani (2015) Korelasi pengetahuan materi dasar biologi dalam PMR terhadap hasil belajar biologi bagi anggota PMR Kelas XI di MAN 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113811039.pdf]
Preview
Text
113811039.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena materi ekstrakurikuler PMR sebagian besar merupakan aplikasi materi Mata Pelajaran Biologi, sehingga bisa dikatakan siswa yang menjadi anggota PMR mendapatkan materi biologi dua kali yaitu di dalam kelas dalam pembelajaran biologi dan di luar kelas dalam ekstrakurikuler PMR. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah hubungan antara pengetahuan materi dasar Biologi dalam PMR terhadap hasil belajar Biologi bagi anggota PMR kelas XI di MAN 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015?
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat non eksperimental, dengan metode korelasi. Jenis sampling yang digunakan adalah sampel penuh atau populasi. Jumlah sampel 27 siswa MAN 1 Semarang yang menjadi anggota PMR Kelas XI jurusan IPA. Penelitian ini menggunakan analisis data korelasi pearson product moment yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan materi dasar Biologi dalam PMR terhadap hasil belajar anggota PMR kelas XI jurusan IPA. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar Mata Pelajaran Biologi anggota PMR kelas XI jurusan IPA, dan metode tes digunakan untuk mengetahuai seberapa besar pemahaman anggota PMR terhadap materi-materi dasar Biologi dalam PMR. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh rhitung = 0,648, sedangkan n = 27, maka diperoleh rtabel = 0, 381, karena rhitung ≥ rtabel maka terbukti ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan materi dasar Biologi dalam PMR terhadap hasil belajar Biologi bagi anggota PMR Kelas di MAN 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Palang Merah Remaja (PMR); Biologi; Ekstrakurikuler
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Nov 2015 06:28
Last Modified: 21 May 2021 02:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4552

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics