Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pokok bahasan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. periode Mekah mata pelajaran SKI kelas VII Mts Yasinta Salatiga tahun pelajaran 2014/2015

Juwariyah, Siti (2015) Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pokok bahasan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. periode Mekah mata pelajaran SKI kelas VII Mts Yasinta Salatiga tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911210.pdf]
Preview
Text
113911210.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas VII di MTs Yasinta Salatiga, dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) khususnya pada pokok bahasan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. periode Mekah dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division), dengan metode deskriptif analisis terhadap data yang penulis peroleh dari penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, penulis merumuskan pertanyaan penelitian yang terperinci dan bersifat operasional.
Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan pembelajaran yang mengutamakan kerja yang mana siswa bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 siswa yang heterogen dan saling membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Yasinta Salatiga tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 20 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa hasil tes akhir siklus, lembar observasi kegiatan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk aktifitas siswa dan guru.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa rata-rata hasil belajar SKI dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada pokok bahasan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. periode Mekah meningkat yaitu pada pra siklus 62,4, meningkat pada siklus I yaitu 71,5, dan siklus II 72,5. Sedangkan untuk persentae hasil belajar pada pembelajaran pra siklus 45%, siklus I 70%, pada siklus II 85%.
Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) khususnya pada pokok bahasan perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. periode Mekah, serta metode ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran SKI. Selain itu metode pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif digunakan pada bidang studi SKI di MTs Yasinta Salatiga. Keefetifan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ini disebabkan memberi kemudahan pada siswa dalam memahami pelajaran sehingga hasil belajar akan meningkat

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Dakwah Nabi Muhammad SAW; SKI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 00:07
Last Modified: 27 Nov 2021 07:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4621

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics