Pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan reward dan punishment guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MI Miftahush Shibyan 01 Genuksari Genuk Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Hidayat, Ali Taufiq (2015) Pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan reward dan punishment guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MI Miftahush Shibyan 01 Genuksari Genuk Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 083111052.pdf]
Preview
Text
083111052.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang rendahnya motivasi belajar siswa,buktinya masih banyak siswa yang bolos sekolah saat jam pelajaran tengah berlangsung. Untuk mengatasi masalah tersebut banyak cara yang digunakan, salah satu cara yang paling efektif yaitu dengan memberikan reward (ganjaran) dan punishment (hukuman) kepada siswa agar motivasi siswa dalam belajar bertambah. Untuk mengetahui apakah dengan memberikan reward dan punishment merupakan cara yang paling efektif dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas V di MI Miftahush Shibyan 01 Genuksari Genuk Semarang, studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimanakah persepsi siswa tentang pelaksanaan reward dan punishment guru di kelas V MI Miftahus Shibyan 01 Genuksari Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015 ? (2) Bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas V MI Miftahus Shibyan 01 Genuksari Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015 ? (3) Bagaimanakah pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanan reward dan punishment guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Miftahus Shibyan 01 Genuksari Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015
Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan variabel bebas pengaruh persepsi siswa tentang pelaksanaan reward dan punishment guru sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar siswa kelas V MI Miftahush Shibyan. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Angket digunakan untuk memeroleh data reward dan punishment serta motivasi belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik menggunakan rumus regresi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan Reward dan Punishment guru di kelas V MI Miftahush Shibyan 01 Genuksari Genuk Semarang dalam kategori “cukup”, dibuktikan dengan penghitungan rata-rata sebesar 67 terletak pada interval 63 – 71. (2) Motivasi belajar Siswa kelas V di MI Miftahush Shibyan 01 Genuksari Genuk Semarang dalam kategori “cukup” , dibuktikan dengan penghitungan rata-rata sebesar 67 terletak pada interval 62-71. (3) korelasi antara pelaksanaan reward dan punishment guru terhadap motivasi belajar Siswa kelas V di MI Miftahush Shibyan 01 Genuksari Genuk Semarang adalah signifikan, hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi r_xy = 0,446 > r_tabel pada taraf signifikansi 1% dan 5 %. Yaitu r_xy = 0,446 > r_tabel 0,01(0,393) dan 0,05 (0,304).
Dari hasil uji t juga menunjukkan bahwa t_hitung = 3,069 > t_tabel (0,01) = 2,704 dan t_tabel (0,05) = 2,021, ini berarti juga signifikan, dan koefisien determinasinya = 0,1989. Hal ini menunjukkan bahwa 19,9 % motivasi belajar siswa kelas V ditentukan oleh reward dan punishment, melalui fungsi taksiran persamaan garis regresi: Y = 0,486X+34,379. Pengujian hipótesis penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V, hal ini ditunjukkan oleh F_reg = 9,421 > Ftabel (0,01) = 7,35 dan Ftabel (0,05) = 4,10.
Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti diterima dikarenakan terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan reward dan punishment guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MI Miftahush Shibyan 01 Genuksari Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Rohman, M. Ag.; Dr. Widodo Supriyono, M.A.
Uncontrolled Keywords: Reward dan punishment guru; Motivasi belajar; Kedisiplinan siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Nov 2015 03:04
Last Modified: 07 Nov 2015 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4654

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics