Hubungan antara hasil belajar baca tulis Al-Qur’an (BTA) dengan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Nurul Islam Krapyak Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Maftukhin, Ahmad (2015) Hubungan antara hasil belajar baca tulis Al-Qur’an (BTA) dengan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Nurul Islam Krapyak Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan:Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of 093111011.pdf]
Preview
Text
093111011.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan antara hasil belajar Baca Tulis Al Qur’an dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Islam Krapyak Semarang kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimana hasil belajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) siswa (X); 2) bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran PAI (Y); 3) adakah Hubungan positif antara hasil belajar dengan mata pelajaran PAI di SMP Nurul Islam Krapyak Semarang kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Nurul Islam Krapyak Semarang berjumlah 100 siswa. Dengan melihat populasi kelas VIII, sehingga pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yakni dengan mengambil 25% dari populasi yaitu 30 responden yang diambil secara acak.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada perhitungan angka-angka atau statistik dari suatu variabel untuk dapat dikaji secara terpisah, dan kemudian dihubungkan. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis statistik atau analisis kuantitatif, dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar baca tulis Al-Qur’an (BTA)di atas, menunjukkan bahwa hasil belajar baca tulis Al-Qur’an (BTA) kelas VIII SMP Nurul Islam Krapyak Semarang kategori “baik", yaitu pada interval 81– 90, Rata-rata hasil belajar baca tulis Al-Qur’an (BTA) adalah 82,1. 2) hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di atas, menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VIII SMP Nurul Islam Krapyak Semarang dalam kategori “Cukup", yaitu pada interval 75 – 83, rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah 78,9) Terdapat Hubungan positif antara hubungan hasil belajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dan pengaruhnya terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas VIII SMP Nurul Islam Krapyak Semarang tahun pelajaran 2014/2015 diketahui nilainya sebesar 0,531. Setelah dilakukan uji t diketahui nilai 3,319 setelah dicocokkan pada t tabel pada taraf 5% sebesar 2,048 dan 1% = 2,763, maka t-hitung > t-tabel sehingga signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para guru dan kepala sekolah khususnya dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Islam Krapyak Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.; Drs. H. Rahardjo, M. Ed.St.
Uncontrolled Keywords: Baca tulis Al-Qur’an; Pendidikan Agama Islam; Hasil belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Nov 2015 03:39
Last Modified: 07 Nov 2015 03:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4656

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics