Pengaruh pelayanan holistik terhadap tingkat depresi pasien terminal :studi kasus RSU dan holistik Sejahtera Bhakti Salatiga

Prasetyo, Ady Gunawan (2015) Pengaruh pelayanan holistik terhadap tingkat depresi pasien terminal :studi kasus RSU dan holistik Sejahtera Bhakti Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 101111003.pdf]
Preview
Text
101111003.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pasien penyakit terminnal yang mengalami depresi akibat tekanan-tekanan psikologis. untuk membantu pasien dalam mengatasi depresi yang dialami, pasien terminal membutuhkan motivasi secara menyeluruh dalam pendampingan. Maka, pelayanan holistik yang diberikan secara intensif oleh pihak RSU & Holistik Sejahtera Bhakti Salatiga diperkirakan mampu membantu mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk menguji secara empiris adanya pengaruh pelayanan holistik terhadap tingkat depresi pasien penyakit Terminal di RSU dan Holistik Sejahtera Bhakti Salatiga. Pada populasi penelitian ini adalah 50 pasien Terminal yang ada di RSU dan Holistik Sejahtera Bhakti Saltiga. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pelayanan holistik dan skala depresi pasien. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi sederhana dengan memanfaatkan program SPSS 16.00.Hasil temuan penelitian ini adalah: tidak ada pengaruh pelayanan holistik terhadap tingkat depresi pasien Terminal di Rumah Sakit Umum dan Holistik Sejahtera Bhakti Salatiga. Ketidaksignifikansi penelitian ini karena nilai signifikan (p value) lebih besar dari 0,05 dan dengan nilai Nilai R Square sebesar 0,028 yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pelayanan holistik tingkat depresi pasien terminal di RSU dan Holistik Sejahtera Bhakti Salatiga hanya sebesar 2,8% dan sisanya sebesar 97,2% dijelaskan oleh prediktor lain dan kesalahan-kesalahan lain (eror sampling dan non sampling). Faktor yang mempengaruhi tidak signifikannya penelitian ini adalah: kejenuhan pasien terminal dalam mendapatkan pelayanan dalam dimensi biologis, kurangnya petugas yang ada di rumah sakit tersebut sehingga kurang maksimal dalam memberikan pelayanan holistik, minimnya kemampuan peneliti dalam melakukan pendekatan pada diri pasien sehingga pasien merasa kurang nyaman pada saat observasi berlangsung

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Yuli Nurkhasanah, M. Hum.; Ema Hidayanti, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Pelayanan pasien; Rumah Sakit Umum; Depresi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Dec 2015 09:28
Last Modified: 19 Jun 2021 06:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics