Implementasi strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A MTs NU 09 Gemuh dalam materi pokok penggunaan keliling dan luas segitiga dan segiempat dalam pemecahan masalah

Ulum, Muhammad Saiful (2010) Implementasi strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A MTs NU 09 Gemuh dalam materi pokok penggunaan keliling dan luas segitiga dan segiempat dalam pemecahan masalah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_063511029_Muhammad_Saiful_Ulum]
Preview
Text (SKRIPSI_063511029_Muhammad_Saiful_Ulum)
63511029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan strategi pembelajaran Aktif, inovatif, kratif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dengan menggunakan small group discussion pada materi pokok penggunaan luas dan keliling segitiga dan segiempat dalam pemecahan masalah, 2) untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII A MTs NU 09 Gemuh khususnya pada materi pokok penggunaan luas dan keliling segitiga dan segiempat dalam pemecahan masalah.
Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua tahap yaitu siklus 1 dan siklus 2. Sebelum penelitian, diperlukan data pra siklus dari wawancara dan pemberian tes awal untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah tindakan. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini di antaranya adalah nilai rata-rata kelas minimal mencapai 58 dengan ketuntasan klasikal minimal 75%.
Berdasarkan wawancara dan pemberian tes awal pada pra siklus diperoleh data bahwa keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sebelum menerapkan strategi pembelajaran Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dengan menggunakan small group discussion hanya 51,79% dan persentase ketuntasan klasikal hanya 53,57% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 57,93.
Dari hasil penelitian, pada siklus 1 keaktifan peserta didik mencapai 63,84% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 60,71% dengan rata-rata 60,15. Sedangkan pada siklus 2 keaktifan peserta didik naik 11,16 poin dari keaktifan sebelumnya menjadi 75% dan persentase ketuntasan klasikal pun naik 17,86 poin menjadi 78,57% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 71,44.
Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran Aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dengan menggunakan small group discussion dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada materi pokok penggunaan luas dan keliling segitiga dan segiempat dalam pemecahan masalah peserta didik kelas VII A MTs NU 09 Gemuh .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Hasil belajar; Geometri; Segitiga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jan 2016 09:17
Last Modified: 26 Jun 2021 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4872

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics