Penggunaan metode pembelajaran SYGI dengan ayat-ayat Al-Qur'an untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi pokok barisan dan deret aritmetika pada peserta didik kelas IX MTs Roudlatul Ma'arif Juwana Pati tahun pelajaran 2014/2015

Lathifah, Naili Darojatil (2015) Penggunaan metode pembelajaran SYGI dengan ayat-ayat Al-Qur'an untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi pokok barisan dan deret aritmetika pada peserta didik kelas IX MTs Roudlatul Ma'arif Juwana Pati tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_103511019_Naili_Darojatil_Lathifah]
Preview
Text (SKRIPSI_103511019_Naili_Darojatil_Lathifah)
103511019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan metode pembelajaran SYGI (Study of Group Integrated-Interconnected) dengan ayat-ayat al-Qur’an untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik materi Barisan dan Deret Aritmetika. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Roudlatul Ma’arif Juwana Pati yang merupakan satu-satunya madrasah tsanawiyah di Kecamatan Juwana dan juga bukan merupakan pondok pesantren. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika peserta didik kelas IX di MTs Roudlatul Ma’arif Juwana tahun ajaran 2014/2015 yang kurang dari KKM dan sikap peserta didik yang kurang baik kepada guru. Hal ini disebabkan karena peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi dengan waktu tatap muka yang sangat terbatas, sedangkan pembelajaran dilaksanakan dengan metode ceramah dan ekspositori saja.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: apakah metode pembelajaran SYGI (Study of Group Integrated-Interconnected) dengan ayat-ayat al-Qur’an dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi pokok barisan dan deret aritmetika pada peserta didik kelas IX MTs Roudlatul Ma’arif Juwana Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Keberhasilan pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar di atas KKM yakni 75, dan persentase motivasi belajar matematika peserta didik antara 61% - 80% atau termasuk dalam kategori baik.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas IX MTs Roudlatul Ma’arif Juwana Pati tahun 2014/2015 dengan jumlah 28 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, angket dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif serta menghitung rata-rata nilai, persentase motivasi belajar dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 8,035 poin. Rata-rata kelas untuk hasil belajar peserta didik telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ketuntasan belajar klasikal peserta didik meningkat sebesar 42,86%. Pada motivasi belajar peserta didik, terdapat peningkatan persentase sebesar 42,08%.
Pembelajaran dengan metode pembelajaran SYGI (Study of Group Integrated-Interconnected) dengan ayat-ayat al-Qur’an dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik. Namun tidak serta merta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar, karena hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pengelolaan kelas, kemampuan peserta didik, konsentrasi peserta didik, ketelitian, dan sebagainya. Sehingga disarankan kepada guru agar melakukan pembelajaran inovatif, bervariasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Al-Quran; Motivasi belajar; Aritmatika
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 11 Feb 2016 09:41
Last Modified: 22 May 2021 05:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4998

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics