Pengaruh persepsi guru mengenai kompetensi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN 2 Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Nikmah, Faizatun (2015) Pengaruh persepsi guru mengenai kompetensi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN 2 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113311003.pdf]
Preview
Text
113311003.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi guru mengenai kompetensi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN 2 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Adapun kata kunci dari skripsi ini adalah 1) persepsi guru mengenai kompetensi kepala madrasah, 2) kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan :
1. Bagaimana persepsi guru mengenai kompetensi kepala madrasah dan kinerja guru di MAN 2 Semarang?
2. Adakah pengaruh persepsi guru mengenai kompetensi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN 2 Semarang?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Metode ini digunakan untuk mengukur seberapa besar pengaruh persepsi guru mengenai kompetensi kepala sekolah terhadap kinerja guru di MAN 2 Semarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling dimana pemilihan sampelnya tanpa pandang bulu. Populasi yang ada di MAN 2 Semarang sebanyak 43 guru. Sehingga sampel yang diambil sebanyak populasi yaitu 43 guru. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data berupa daftar guru MAN 2 Semarang dan sejarah singkat MAN 2 Semarang.
Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis statistik, Pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepala madrasah (X) di MAN 2 Semarang masuk dalam kategori “cukup baik” dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 66,837 berada pada interval 64-67. Sedangkan untuk kinerja guru (Y) memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,9765 dan berada pada interval 71-76. Nilai tersebut masuk dalam kategori cukup baik.
Adapun analisisnya secara keseluruhan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara persepsi guru mengenai kompetensi kepala madrasah terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung>rtabel (0,756>0,301). Kemudian pada perhitungan regresi linear diperoleh persamaan regresi Y=8,559+0,978X. Di samping itu berdasarkan hasil hitungan diperoleh Fhitung sebesar 54,6589 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 4,08 dan 1% sebesar 7,31. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Fhitung>Ftabel. Maka hipotesis nihil (H0) yang berbunyi: “Tidak ada pengaruh mengenai kompetensi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN 2 Semarang” ditolak. Dan hipotesis kerja (H1) yang berbunyi: “Ada pengaruh persepsi guru mengenai kompetensi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN 2 Semarang” diterima. Selanjutnya berdasarkan perhitungan koefisien determinasi KP= 57,1% dan sisanya sebesar 42,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini.
Data penelitian ini menunjukkan bahwa thitung sebesar 7,395 , sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,201 dan ttabel pada taraf signifikan 1% = 2,074. Hal tersebut dapat diartikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan pengaruh persepsi guru mengenai kompetensi kepala madrasah terhadap kinerja guru di MAN 2 Semarang.
Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa antara kompetensi kepala madrasah dan kinerja guru cukup baik dan harus dipertahankan. Akan tetapi lebih bagus lagi jika hal tersebut ditingkatkan untuk peningkatan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Fatkhuroji M. Pd.; Ismail SM, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru; Kompetensi Kepala Madrasah; Kinerja guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Feb 2016 08:53
Last Modified: 24 Feb 2016 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics