Pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2013/2014

Musadilah, Ilman Achmad (2014) Pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103111014.pdf]
Preview
Text
103111014.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif antara persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan atau field Research. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 33 siswa diambil dari 25% jumlah populasinya yaitu 130 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket atau kuesioner tertutup untuk memperoleh data variabel X yaitu persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak dan variabel Y yaitu perilaku sosial peserta didik.
Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Adapun pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan metode skor deviasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa:
1. Tingkat persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak kelas VIII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 84,33 yaitu terdapat antara interval 81-88.
2. Tingkat perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 81,82 yaitu terdapat antara interval 78-85.
3. Terdapat atau ada pengaruh positif antara persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu. Hal ini dapat dibuktikan dengan persamaan regresi Ŷ = 34,03 + 0,555X dan hasil varians garis regresi Fhitung = 8,89 > Ftabel(0,05 ; 1, 46) = 4,052 berarti signifikan, dan Fhitung = 8,89 > Ftabel (0,01 ; 1,46) = 7,220 berarti signifikan.
Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel diatas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak (terutama bagi guru dan orang tua wali peserta didik) untuk lebih meningkatkan perhatian, pengawasan, bimbingan dan pengarahan terhadap anak-anak peserta didik di MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu, sehingga tujuan untuk membentuk generasi penerus yang beriman dan berperilaku yang baik akan terwujud.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Ani Hidayati, Jasuri
Uncontrolled Keywords: Kompetensi sosial, guru, akidah akhlak, peserta didik
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 14 Apr 2016 07:37
Last Modified: 14 Apr 2016 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5404

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics