Peranan wisata religi makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak sebagai penggerak ekonomi kreatif

Badruzzaman, M. Fadlol (2015) Peranan wisata religi makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak sebagai penggerak ekonomi kreatif. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 112411010.pdf]
Preview
Text
112411010.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Wisata religi erat kaitannya dengan ekonomi kreatif karena menjadi pasar bagi produk kreatif Islami melalui outlet-outletnya. Kekuatan bangunan ekonomi kreatif tersebut sangat ditentukan oleh kolaborasi tiga aktor utamanya, yaitu pemerintah, pelaku bisnis dan cendekiawan yang kemudian disebut dengan sistem triple helix. Ketiga aktor itu merupakan penggerak lahirnya kreativitas, ide, ilmu pengetahuan dan teknologi yang vital bagi tumbuhnya ekonomi kreatif. Oleh karena itu dengan pentingnya peranan tiga aktor tersebut dalam menggerakkan ekonomi kreatif, mendorong penulis untuk melakukan penelitian yang berjudul “Peranan Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif”.
Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang timbul adalah bagaimana peranan pemerintah dalam menggerakkan ekonomi kreatif di wisata religi makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak, bagaimana peranan pelaku bisnis dalam menggerakkan ekonomi kreatif di wisata religi makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak, dan bagaimana peranan cendekiawan dalam menggerakkan ekonomi kreatif di wisata religi makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak.
Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, sumber data-data yang berkaitan dengan penelitian secara langsung yang meliputi dokumen-dokumen serta wawancara langsung kepada Pemerintah Kelurahan Kadilangu, pelaku bisnis, dan cendekiawan di wisata religi makam Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah dalam menggerakkan ekonomi kreatif di wisata religi makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak berperan sebagai katalisator dan regulator. Pelaku bisnis dalam menggerakkan ekonomi kreatif di wisata religi makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak berperan sebagai pencipta produk, lapangan pekerjaan, dan komunitas. Cendekiawan dalam menggerakkan ekonomi kreatif di wisata religi makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak berperan sebagai agen yang menyebarkan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Khoirul Anwar, M. Ag.; H. Ahmad Furqon, Lc., M. A.
Uncontrolled Keywords: Wisata religi; Ekonomi kreatif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:06
Last Modified: 19 Jun 2021 06:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5433

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics