Sa’idah, Amirotus (2016) Studi komparasi model pembelajaran picture and picture dan example non example berbantu torso terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI MAN Bawu Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Picture and Picture dan Example non Example berbantu torso terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI MAN Bawu Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MAN Bawu Jepara. Data hasil penelitian yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test dengan taraf signifikansi 5%, pada hasil tes diperoleh t hitung = 3,793 >1,671= pada angket diperoleh >1,671= t hitung = 2,344 berarti rata-rata hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia yang diberi perlakuan pada kelas A menggunakan model pembelajaran Picture and Picture berbantu peraga torso lebih tinggi daripada hasil belajar pada kelas B menggunakan model pembelajaran Example non Example berbantu torso. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas A mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 85,55, sedangkan kelas B mendapat nilai rata-rata lebih rendah yaitu 77,65. Angket merupakan data pendukung penelitian yang berupa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan Example non Example berbantu torso. Kesimpulan dari perolehan data tersebut adalah rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas A dengan model pembelajaran Picture and Picture berbantu torso lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas B yang diajar dengan model pembelajaran Example non Example berbantu torso pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI MAN Bawu Jepara tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Sofa Mutohar, M. Ag.; Nur Hayati, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Sistem pencernaan manusia; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 611 Human anatomy, cytology, histology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Oct 2016 07:57
Last Modified: 07 Oct 2016 07:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5924

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics