Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar serta pengaruhnya terhadap hasil belajar mata pelajaran Biologi siswa MANU 01 Limpung Kec. Limpung kab. Batang tahun pelajaran 2015/2016

Ratnasari, Ayu (2016) Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar serta pengaruhnya terhadap hasil belajar mata pelajaran Biologi siswa MANU 01 Limpung Kec. Limpung kab. Batang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah rendahya kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar yang kurang memadai.
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dalam pembelajaran biologi di MANU 01 Limpung tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana persepsi siswa tentang fasilitas belajar di MANU 01 Limpung tahun pelajaran 2015/2016? (3) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran biologi siswa MANU 01 Limpung tahun pelajaran 2015/2016? (4) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar mata pelajaran biologi siswa MANU 01 Limpung tahun pelajaran 2015/2016? (5) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran biologi siswa MANU 01 Limpung tahun pelajaran 2015/2016? (6) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di MANU 01 Limpung tahun pelajaran 2015/2016?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa MANU 01 Limpung tahun pelajaran 2015/2016. Tenik sampling yang digunakan adalah teknik sampling kuota. Data dikumpulkan dengan kuosioner dan dokumentasi. Kuosioner/angket yang digunakan untuk mendapatkan data yang objektif terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk pengujian validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS.
Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru “Tinggi” dan persepsi siswa tentang fasilitas belajar “Baik”. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi termasuk dalam kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 74,58. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Ŷ = - 3,374 + 0,548 X1 + 0,734 X2. Uji parsial (uji t) diperoleh t hitung variabel persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru = 4,161, sehingga Ha X1 terhadap Y diterima. Variabel persepsi siswa tentang fasilitas belajar diperoleh t hitung = 3,886, sehingga Ha X2 terhadap Y diterima. Hasil uji simultan (uji F) diperoleh F hitung = 23,280, sehingga Ha X1 dan X2 terhadap Y diterima. Variabel X1 dan X2 secara simultan berpengaruh terhadap Y sebesar 47,6%.
Simpulan penelitian ini adalah persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Abdul Rohman, M. Ag.; Dian Ayuning Tyas, M. Biotech.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; Fasilitas belajar; Hasil belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Oct 2016 08:00
Last Modified: 07 Oct 2016 08:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5926

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics