Analisis pengaruh marketing syari’ah terhadap minat anggota menggunakan produk bai’ bitsaman ajil di BMT MADE Demak

Ani, Zulia Arda (2016) Analisis pengaruh marketing syari’ah terhadap minat anggota menggunakan produk bai’ bitsaman ajil di BMT MADE Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (966kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Marketing menurut perspektif syari’ah adalah segala aktifitas yang dijalankan dalam kegaiatan bisnis berbentuk kegiatan penciptaan nilai (value creating activies) yang memungkinkan siapapun yang melakukanya bertumbuh serta mendayagunakan manfaat yang dilandasi atas kejujuran, keadilan, keterbukaan dan keikhlasan sesuai proses yang berprinsip pada akad mu’amalah Islami perjanjian transaksi bisnis dalam Islam. Oleh karena itu, merupakan salah satu modal utama kenapa banyak koperasi konvensioanal membuka unit usaha syari’ah ataupun membuka koperasi syari’ah yang terlepas dari induk usahanya. Selain itu koperasi syari’ah berlomba-lomba membuat berbagai macam produk pembiayaan diantanya produk pembiayaan Bai’ Bitsaman ajil (BBA).
Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitiana adalah (1) Bagaimana pengaruh marketing syari’ah terhadap minat nasabah menggunakan produk bai’ bitsaman ajil diBMT MADE Demak.
Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel acak (simple random sampling). Populasinya adalah anggota yang menggunakan produk pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil sebanyak 87 responden. Kemudian metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi, teknis analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, validitas dan reabilitas intrumen, analisis linear sederhana, dan uji hipotesis.
Hasil olahan data statistik yang dibantu dengan SPSS 16.0 for widows menunjukan bahwa berpengaruh independen (syari’ah marketing) terhadap variabel dependen (minat anggota menggunakan produk Bai’ Bitsaman Ajil) mempu memberikan sumbagan 46,8% berarti ada pengaruh yang signifiakn antara marketing syari’ah berarti ada pepngaruh yang signifikan antara marketing syari’ah terhadap minat anggota menggunakan produk Bai’ Bitsaman ajil, sedang yang 53,2% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang dimasukan dalam penelitian ini. Variabel tersebut anatara lain berada tingkat pendapatan, lokasi, status dan pengetahuan terhadap bank syari’ah maupun variabel lainya. Hasil uji empiris pengaruh antara marketing syari’ah terhadap anggota, menunjukkan nilai t hitung 8,649 dan p value (sig) sebesar 0,000 yang dibawah 5% dengan menggunakan alpha 5%, maka posisi nilai probabilitasnya berada dibawah aphanya. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara marketing syari’ah terhadap minat anggota menggunakan produk Bai’ Bitsaman Ajil. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan bermanfaat bagi semua pihak terutama dalam meningkatkan minat anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing syari’ah; Bai’ Bitsman Ajil
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Oct 2016 01:14
Last Modified: 20 Nov 2021 02:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5936

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics