Penanaman nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat persaudaraan setia hati terate (PSHT) di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang

Mustofa, Muhammad (2016) Penanaman nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat persaudaraan setia hati terate (PSHT) di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (657kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana upaya yang dilakukan sekolah dalam rangka membentuk dan menanamkan nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) siswa di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah proses penanaman nilai-nilai akhlak melaui mata pelajaran pencak silat persaudaraan setia hat iterate (PSHT) di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang; (2) Bagaimana dampak dari mata pelajaran pencak silat terhadap akhlak siswa di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang?
Penanaman nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) tersebut dibahas melalui studi lapangan yang akan dilaksanakan di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Lemabaga madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang penanaman nilai-nilai akhlak melalui mata pelajaran pencak silat tersebut. Datanya diperoleh melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu, metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencak silat selain berkonsentrasi pada pembinaan akhlak dan jasmani juga dapat digunakan sebagai pembinaan kejiwaan, keberagamaan dan sikap sosial. Pencak silat persaudaraan setia hat iterate (PSHT) memiliki lima aspek yang disebut "panca dasar" yakni 1. Persaudaraan 2. Olahraga, 3. Bela diri, 4. Kesenian dan 5. keruhanian. Dari aspek tersebut diharapkan dapat membentuk sikap pemberani, percaya diri, tanggung jawab, rendah hati dan pantang menyerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Pencak silat; Ekstra kurikuler
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 796 Athletic and outdoor sports and games
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 16 Nov 2016 04:15
Last Modified: 28 Jul 2021 09:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6093

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics