Kepribadian guru dalam kitab Adābu al-Ālim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari dalam perspektif psikologi

Kamalul Haq, M. Sabiq (2016) Kepribadian guru dalam kitab Adābu al-Ālim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari dalam perspektif psikologi. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf - Supplemental Material

Download (36kB) | Preview

Abstract

Terdapat dua faktor mengapa penelitian ini dilakukan. Pertama, kepribadian guru aktivasinya hanya di dalam kelas. Kedua,banyaknya akademisi yang demi kognitif mengesampingkan afektif dan moral. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dibuat dua pertanyaan;
Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis untuk melihat isi dari kajian kitab sebagai objek penelitian. Adapun teori yang dipakai untuk melihat ciri kepribadian guru dalam Adābu al-Ālim wa al Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari ini adalah big five personality. Dimana kepribadian guru dikelompokkan sesuai ciri dari big five personality.
Adapun hasil dari penelitian ini pertama; ciri kepribadian guru dalam kitab Ad ābu al Ā lim wa al Muta’allim yang dilihat dari kacamata psikologis menggunakan teori big five adalah dominan pada ciri conscientiousness; tekun, teratur, bertanggungjawab, gigih, mengikuti peraturan dan norma agama maupun masyarakat.
Kedua, esensi kerpibadian guru dalam kitab pertama, guru harus memilki ilmu dan mengamalkanya dalam kehidupan sekaligus membumi. Kedua, banyaknya redaksi nilai-nilai kesufian dalam kitab tersebut sebagai bentuk penghilangan sifat egoistik.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi model ideal kepribadiann guru, dan wujud realisasi peningkatkan kualitas riset bidang pendidikan dalam ranah keguruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepribadian guru; Akhlaq siswa; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:35
Last Modified: 24 Nov 2016 07:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6125

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics