Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPA materi sumber daya alam dan lingkungan di kelas III MI Nurul Iman Kendal Serut Pangkah Tegal tahun pelajaran 2015/2016

Hidayati, Laely (2016) Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPA materi sumber daya alam dan lingkungan di kelas III MI Nurul Iman Kendal Serut Pangkah Tegal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Kajiannya dilatarbelakangi oleh maraknya kasus kerusakan lingkungan dan keberadaan sumber daya alam yang semakin terkikis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam dan Lingkungan di kelas III MI Nurul Iman Kendalserut Pangkah Tegal tahun pelajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Nurul Iman. MI Nurul Iman tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPA. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan reduksi, penyajian, dan kesimpulan.
Kajian ini menunjukkan bahwa. Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA dapat dilakukan melalui keteladanan, kebiasaan, dan saat pembelajaran dengan metode yang tepat serta mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan di luar kelas. Penelitian tersebut dapat menambah wawasan tentang implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Peduli lingkungan; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:00
Last Modified: 26 Jun 2021 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6176

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics