Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Administrasi Akademik Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang

Triono, M. Joko (2012) Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Administrasi Akademik Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 073311020_Coverdll.pdf]
Preview
Text
073311020_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 073311020_Bab1.pdf]
Preview
Text
073311020_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 073311020_Bab2.pdf]
Preview
Text
073311020_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 073311020_Bab3.pdf]
Preview
Text
073311020_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 073311020_Bab4.pdf]
Preview
Text
073311020_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 073311020_Bab5.pdf]
Preview
Text
073311020_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 073311020_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
073311020_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Proses Administrasi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo yang berkaitan dengan mahasiswa dan persoalan-persoalan lain yang berhubungan dengan pihak pegawai administrasi itu sendiri merupakan kajian dalam penelitian ini, dimana kinerja dan harapan dalam proses administrasi masih banyak persoalan yang peneliti dapatkan di lapangan, ada beberapa keluhan-keluhan yang peneliti dapatkan seperti kurangnya kinerja pegawai administrasi secara optimal dan pelayanan–pelayanan administrasi yang kurang baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: pertama, tingkat kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Administrasi Fakultas Tarbiyah ditinjau dari pelayanan yang dialami dengan pelayanan yang diharapkan sesuai dengan indikator kualitas layanan yaitu Reliability (kepercayaan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (keyakinan), Emphaty (perhatian individu), dan Tangibles (berwujud). Kedua, strategi untuk meningkatkan kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Administarsi Fakultas Tarbiyah di tinjau dari pelayanan yang dialami dengan pelayanan yang diharapkan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif kualitatif dipergunakan untuk pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat dan tujuannya adalah untuk mencari gambaran yang sistematis, fakta yang akurat. Kemudian untuk teknis analisis data menggunakan metode Importance-Performance Analysis. Tehnik pengumpulan datanya diperoleh dengan menggunakan angket atau kuesioner yang di dapat dari 10 % dari 3688 mahasiswa fakultas tarbiyah sama dengan 370 mahasiswa atau responden. Hasil penelitian ini yaitu : tingkat kepuasan mahaisiswa dalam pelayanan admnistrasi akademik adalah tingkat kinerja Nilai rata-rata kepuasan mahasiswa terhadap layanan Administrasi Akademik Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang tingkat kinerja 3.11 (cukup memuaskan) dan harapan 4.40(penting).
Strategi untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap layanan Administrasi Akademik Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo yaitu: a. Faktor yang menjadi priorotas utama yaitu : Ketepatan waktu pelayanan sesuai dengan janji yang diberikan, Pegawai administrasi akademik bertindak cepat dan tanggap dalam menyelesaikan setiap keluhan mahasiswa. b. Faktor yang perlu dipertahankan yaitu: Pelayanan yang ramah serta selalu siap menolong, Melakukan komunikasi yang efektif dengan mahasiswa, bertanggung jawab terhadap keamanan dan kenyamanan Mahasiswa. c. Faktor yang kurang penting yaitu : Kemampuan Administrasi untuk cepat tanggap dalam menghadapi masalah yang timbul dan system komputerisasi akademik. d. Faktor yang dilakukan sangat baik, namun dinilai kurang penting oleh mahasiswa yaitu : Pengetahuan dan kecakapan pegawai administrasi akademik atas pengetahuan terhadap layanan secara tepatm, memberikan perhatian secara individu kepada mahasiswa..

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Administrasi Akademik; Layanan Konsumen; Layanan Pendidikan Tinggi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Dec 2013 09:23
Last Modified: 06 Dec 2013 09:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics