Peran guru bimbingan dan konseling dalam pengendalian perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang : analisis dengan pendekatan bimbingan dan konseling Islam

Khoiriyah, Zaenatul (2016) Peran guru bimbingan dan konseling dalam pengendalian perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Hasanuddin 6 Semarang : analisis dengan pendekatan bimbingan dan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (692kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (573kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam mengendalikan perilaku agresif siswa di SMP Hasanuddin 6 Semarang, membantu siswa-siswi mengatasi segala permasalahan yang sedang dialami termasuk perilaku agresif siswa, agar siswa dapat mengendalikan perilaku agresifnya yang disebabkan karena faktor terpancing emosi sesama temannya, frustasi dan keadaan lingkungan. Supaya siswa dapat berkembang secara optimal, berperilaku baik. Sehingga visi-misi sekolah dapat terlaksana sesuai dengan harapan sekolah.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam di SMP Hasanuddin 6 Semarang 2) untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengendalikan perilaku agresif siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan bimbingan konseling Islam. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, triangulasi, penyajian data dan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, wali kelas, kepala sekolah dan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam di SMP Hasanuddin 6 Semarang pada awal proses konseling siswa dituntun untuk berdzikir dengan membaca istighfar, membaca asmaul husna, membaca ayat kursi dengan tujuan untuk menentramkan hati. Siswa juga dituntun dan diarahkan untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari penyakit yang merusak diri. 2) peran guru bimbingan dan konseling dalam mengendalikan perilaku agresif siswa SMP Hasanuddin 6 Semarang dengan memberikan layanan konseling individu dan konseling kelompok serta konferensi kasus.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan memberikan sumbangan pemikiran atau saran dengan harapan semoga dapat menjadi upaya untuk mengatasi perilaku agresif siswa sehingga dapat mewujudkan kepribadian siswa yang berakhlakul karimah di SMP Hasanuddin 6 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru konseling; Perilaku agresif; Bimbingan dan konseling Islam; Remaja
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 17 Feb 2017 06:57
Last Modified: 27 Jul 2021 02:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6459

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics