Strategi penerapan experiential marketing Islami biro perjalanan haji dan umroh dalam meningkatkan jamaah (studi kasus pada PT Fadlu Robbi Jepara)

Farida, Ni’matul (2016) Strategi penerapan experiential marketing Islami biro perjalanan haji dan umroh dalam meningkatkan jamaah (studi kasus pada PT Fadlu Robbi Jepara). Undergraduate (S1) thesis, Universitasri Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran adalah wujud rencana yang terarah di bidang pemasaran, untuk memperoleh suatu hasil yang optimal. Yang menjadi perumusan masalah adalah bagaimana penerapan manajemen pelayanan haji dan umrah PT. Fadlu Robbi Jepara? Bagaimana strategi experiential marketing biro perjalanan haji dan umroh PT. Fadlu Robbi Jepara dalam meningkatkan jemaah?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) yang berpijak pada laporan penelitian dan bersifat kualitatif dengan pendekatan normatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi kepada narasumber yaitu kepada manajer dan karyawan PT. Fadlu Robbi Jepara yang bersangkutan pada tema penelitian skripsi ini, serta kepada pelanggan/mitra PT. Fadlu Robbi Jepara yang menggunakan produk umroh atau haji plus Data sekunder adalah kitab atau buku yang mendukung data primer. Metode pengumpulan data dengan Pengamatan (Observasi), wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan manajemen pelayanan haji dan umrah PT. Fadlu Robbi Jepara pada prinsipnya manajemen yang diterapkan KBIH PT Fadlu Robbi Jepara sesuai dengan konsep manajemen. Hal ini terlihat misalnya bila merujuk pada konsep manajemen adalah proses merencanakan tugas, mengelompokkan tugas, menghimpun dan menempatkan tenaga-tenaga pelaksana dalam kelompok-kelompok tugas dan kemudian menggerakkannya ke arah pencapaian tujuan KBIH. Secara umum sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen yang antara lain meliputi: planning (perencanaan); actuating (penggerakkan); organizing (pengorganisasian); dan controlling (pengawasan). Dari proses pemberangkatan dan kepulangan, PT. Fadlu Robbi Jepara memberikan service yang baik yaitu mulai dari rumah, PT. Fadlu Robbi Jepara sudah memberikan perhatian yang lebih dan jika transit ke negara lain, PT. Fadlu Robbi juga memberikan service yaitu dengan adanya handling-handling di tiap negara seperti ketika transit di negara tersebut, hal itu dilakukan agar jamaah merasakan kenyamanan dan kepuasan terhadap travel PT. Fadlu Robbi Jepara. Strategi experiential marketing biro perjalanan haji dan umroh PT. Fadlu Robbi Jepara dalam meningkatkan jemaah, pada prinsipnya PT. Fadlu Robbi mencoba menggeser pendekatan pemasaran tradisional yaitu 4P (product, price, place, and promotion) yang hanya bertumpu pada fitur dan benefit. Experiential marketing yang diterapkan PT. Fadlu Robbi Jepara, tidak hanya berorientasi pada fitur dan benefit tetapi juga mengutamakan emosi pelanggan dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang bisa memberikan kepuasan bagi pelanggan sehingga tercapai memorable experience yang membuat pelanggan mengulang kembali pengalamannya dengan jasa PT. Fadlu Robbi, dan bahkan mau mengeluarkan uang lebih untuk menikmati pengalaman baru menggunakan fasilitas lain yang ditawarkan PT. Fadlu Robbi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran; Experiential marketing; Pemasaran Islami; Jamaah Haji dan Umroh
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Mar 2017 05:56
Last Modified: 04 Dec 2021 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6506

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics