Pengaruh persepsi siswa tentang tingkat perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas Vc di MIN Kalibalik Kec. Banyuputih Kab. Batang tahun ajaran 2015/2016.

Muakhiroh, Siti (2016) Pengaruh persepsi siswa tentang tingkat perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas Vc di MIN Kalibalik Kec. Banyuputih Kab. Batang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of Biblio.pdf]
Preview
Text
Biblio.pdf - Bibliography

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perhatian orang tua merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung tumbuh kembangnya peserta didik, mendidik dan juga membimbing mereka agar kelak menjadi insan yang berguna di masa yang akan datang. Lingkungan keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama sebelum siswa memasuki lembaga formal yaitu sekolah. Oleh karena itu penulis tertarik ingin mengkaji lebih dalam tentang tingkat perhatian orang tua yang mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran Fiqih kelas V di MIN Kalibalik Banyuputih Batang tahun ajaran 2015/2016. Mempertimbangkan latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Pengaruh Positif Persepsi Siswa tentang Tingkat Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V di MIN Kalibalik Kec. Banyuputih Kab. Batang Tahun Ajaran 2015/2016.” Adapun tujuan riset yaitu 1) Untuk mengetahui dan memahami persepsi siswa tentang tingkat perhatian orang tua di MIN Kalibalik, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas V di MIN Kalibalik, 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif persepsi siswa tentang tingkat perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas V di MIN Kalibalik. Adapun manfaat riset secara teoritis yaitu 1) memberikan pemikiran dan informasi yang bermanfaat bagi para praktisi pendidikan, orang tua siswa dan beberapa pihak yang terkait, bahwa perhatian orang tua sangat penting dalam mendukung keberhasilan anak dalam dunia pendidikan, 2) Menjadi salah satu referensi bagi mahasiswa atau ilmuwan untuk membahas secara lebih vi kritis dan serius terhadap kajian penelitian tentang pengaruh persepsi siswa tentang tingkat perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih, 3) Memberikan pengalaman dan pengetahuan yang luas kepada seluruh pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan baik formal maupun nonformal. Sedangkan secara praktis yaitu 1) Sebagai bahan masukan untuk MIN Kalibalik Kec. Banyuputih Kab. Batang untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan dan pengembangan pembelajaran, 2) Menjadi bahan pertimbangan atau acuan bagi para tenaga pendidik (guru) dalam merencanakan pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran, 3) Memberikan pemahaman dan pengertian kepada siswa bahwa perhatian orang tua sangat penting agar dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan analisis regresi dan sampel penelitian di ambil dari siswa kelas V C MIN Kalibalik Banyuputih Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan instrument angket. Untuk menjaring data tentang persepsi siswa tetang tingkat perhatian orang tua ( variabel X ), dan prestasi belajar siswa kelas V C mata pelajaran Fiqih (variabel Y). penelitian ini dengan subjek penelitian sebanyak 24 siswa. Berdasarkan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel, yaitu persepsi siswa tentang tingkat perhatian orang tua dan prestasi belajar mata pelajaran fiqih, dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif persepsi siswa tentang tingkat perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V mata pelajaran fiqih. Dari analisis uji regresi diketahui bahwa Freg adalah 167,165 kemudiaan hasil ini dikonsultasikan dengan nilai pada Ftabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan ketentuan Freg > Ft, maka signifikan, dari hasil pengujian hipotesis, diperoleh Freg = 167,165> Ft (0,05) =4,30 dan Freg = 167,165> Ft (0,01)= 7,94, dengan demikian Freg lebih besar Ft, ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi siswa tentang tingkat perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V mata pelajaran fiqih MIN Kalibalik Banyuputih Batang tahun ajaran 2015/2016. Untuk mencari korelasi antara prediktor dengan kriterium dengan teknik korelasi product moment. Dan hasilnya rxy = 0,940, lalu dikonsultasikan pada tabel taraf signifikan 5% = 0,432 dan 1% = 0,537, yang berarti rxy > rt dan vii dinyatakan signifikan. Kemudian melakukan uji koefesien korelasi dengan menggunakan uji t, dengan hasilnya = 37,914 kemudian di konsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,074 pada taraf signifikan 1% = 2,819 karena th > ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% maka hasilnya signifikan. Hal itu dengan hasil Freg = 167,165, karena Freg > Ft (0,05) =4,30 dan Ft (0,01)= 7,94, maka hasilnya signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perhatian orang tua, prestasi belajar, mata pelajaran fiqih, Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 173 Ethics of family relationships
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 20 Apr 2017 07:48
Last Modified: 26 Jun 2021 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6749

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics