Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang

Mualilmin, Mat (2012) Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Mualimin_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Mualimin_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (339kB) | Preview

Abstract

Tesis ini adalah merupakan laporan dari hasil penelitian penulis, yang berjudul : “Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki implementasi kurikulum PAI di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil teknik penelitian menunjukkan bahwa, implementasi kurikulum PAI di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang dilakukan dengan menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) berdasarkan PP No. 19 tahun 2005. Pelaksanaanya dilakukan dengan; a) pelaksanaan intra kurikuler melalui, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi; b) ektra kurikuler, terdiri : pidato, tilawatil Qur’an, tartilul Qur’an, musik Islami; c) menciptakan budaya sekolah
Faktor pendukung kurikulum PAI adalah SDM guru yang memenuhi syarat, sarana prasarana yang mendukung, metode pembelajaran yang sesuai, serta peran serta semua komponen yang ada; faktor penghambat pelaksanaan kurikulum PAI adalah, waktu yang kurang mencukupi, input siswa yang tidak sama serta politik kekuasaan yang selalu berganti-ganti program.
Faktor yang mendasari pengelolaan kurikulum di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang adalah karena tujuan dan target lembaga yang mengharapkan agar siswa memiliki prestasi yang unggul, bermutu tinggi dan mampu melahirkan sumber daya manusia yang siap memikul amanah Allah SWT sebagai hamba dan khalifah-Nya. Selain itu didukung dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang memiliki pengembangan kurikulum dan inovasi pembelajaran dengan cara menggunakan model-model pembelajaran terkini, SBSA, CTL, aktif learning dan model-model yang lain serta penghargaan dan hukuman (reward and punishment) serta bimbingan belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Pendidikan Agama Islam; Sekolah Menengah Pertama; Curriculum of Islamic Religious Education; Secondary School
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Sep 2013 09:37
Last Modified: 18 Sep 2013 09:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics