Model Pembelajaran al-Islam dengan Sistem Boarding School (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu) Kabupaten Blora

Musiran, Muh. (2012) Model Pembelajaran al-Islam dengan Sistem Boarding School (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu) Kabupaten Blora. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Musiran_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
Musiran_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (661kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan kombinasi yang tersusun dari beberapa komponen maupun unsur dengan proses yang kompleks (rumit), namun dengan maksud yang sama memberi pengalaman belajar kepada siswa sesuai dengan tujuan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendeskripsikan pembelajaran mata pelajaran al-Islam dengan sistem boarding school di SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu. (2). Mendeskripsikan efektifitas pembelajaran mata pelajaran al-Islam dengan sistem boarding school di SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu. (3) Menganalisis kelebihan dan kekurangan pembelajaran al-Islam dengan sistem boarding School di SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah Jati dengan pesantren Al-Amin dan SMP Muhammadiyah Cepu.dengan pesantren Al-Hikmah. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran al-Islam dari SMP Muhammadiyah Jati dan SMP Muhammadiyah Cepu dan Pengasuh pesantren Al-Amin dan Al-Hikmah serta beberapa orang siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pembelajaran mata pelajaran al-Islam dengan sistem boarding school adalah:
1. Pembelajaran mata pelajaran al-Islam dengan sistem boarding school dalam penerapannya sangat membantu character building.
2. Pembelajaran mata pelajaran al-Islam efektif dilakukan dengan sistem boarding school. Terlebih didukung oleh beberapa faktor seperti unsur guru yang profesional, siswa-siswa yang cerdas, metode pembelajaran yang bervariasi, pemilihan media yang digunakan serta adanya lingkungan yang kondusif.
3. Selain banyak kelebihan dari pembelajaran al-Islam dengan sistem boarding school, masih terdapat pula kekurangan, seperti halnya pada metode pembelajarannya yang masih kurang, tenaga pengasuh, aspek siswanya, kurikulum, manajemen, maupun dalam prosesnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran al-Islam; Boarding School; Asrama; Learning Model
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Sep 2013 09:37
Last Modified: 18 Sep 2013 09:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics