إعطاء التعزيز (reinforcement) فى ترقية دافع تعليم اللغة العربية للتلاميذ فى الصف السابع بمدرسة سونان أبي ناوا نهضة العلماء الثناوية السادسة فكندون قندال

Shelsanawa, Adam (2014) إعطاء التعزيز (reinforcement) فى ترقية دافع تعليم اللغة العربية للتلاميذ فى الصف السابع بمدرسة سونان أبي ناوا نهضة العلماء الثناوية السادسة فكندون قندال. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 073211031_skripsi.pdf]
Preview
Text
073211031_skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab di sekolah, ada salah satu cara yang dapat diterapkan oleh pendidik yaitu dengan memberikan penguatan (reinforcement) yang tepat kepada siswa. Dengan memberikan penguatan, siswa merasa dihargai segala usaha dan juga prestasinya. Saat ini sebagian besar pendidik kurang memperhatikan dalam mengambil suatu tindakan, karena sekecil apapun tindakan guru akan membawa dampak positif dan negatif kepada siswa. Oleh karena itu seorang pendidik haruslah bijak dan memikirkan terlebih dahulu dalam mengambil suatu tindakan. Semakin tepat tindakan yang diberikan akan menjadikan siswa termotivasi untuk belajar. Karena dengan belajar akan membawa suatu perubahan pada individu yang melakukannya. Perubahan itu tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga berupa kecakapan, keterampilan, sikap, harga diri, minat dan penyesuaian diri.
Atas dasar latar belakang diatas, maka yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bentuk-bentuk pemberian penguatan yang diberikan guru dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal, Implikasi pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Bahasa Arab siswa di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal, Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan dan penghambat pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi siswa Bahasa Arab siswa di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket dengan menggunakan analisis dengan rumus:
P = F x 100%
N
Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Bentuk penguatan yang sering diberikan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah bentuk penguatan verbal berupa pujian, penghargaan dan persetujuan, dan bentuk penguatan nonverbal jarang diberikan kepada siswa. Implementasi pemberian penguatan ini adalah a) siswa senang belajar bahasa Arab setelah diberikan penguatan. b) Menjadikan siswa aktif di kelas. c) Dapat menyelesaikan tugas dengan tepat. d) Serta keinginan siswa mendapatkan nilai yang maksimal. Faktor pendukung pemberian penguatan (reinforcement) dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab, a) Minat siswa dalam belajar bahasa Arab. Minat ini bisa muncul karena adanya kebutuhan, karena itu dikatakan bahwa minat merupakan sarana motivasi yang pokok atau utama, b) Keinginan siswa mempelajari bahasa Arab. Hasrat untuk belajar berarti ada unsur kesenjangan ada maksud dan keinginan untuk belajar. keinginan untuk belajar pada diri siswa berarti memang ada motivasi belajar dalam diri siswa tersebut, sehingga tentu hasilnya akan lebih baik, c) Fasilitas yang lengkap, d) perhatian orang tua. Sedangkan faktor penghambat dari pemberian penguatan (reinforcement) adalah a) Masih adanya siswa yang belum mempraktekkan pelajaran bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari, b) Metode yang digunakan guru bahasa Arab kurang bervariasi. c) Kurang adanya program kompetisi bahasa Arab di sekolah. Kompetisi dapat dijadikan sebagai sarana motivasi untuk mendorong belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diatas penulis memberikan saran sebagai berikut: Hendaknya pemberian penguatan (reinforcement) kepada siswa perlu diperhatikan, salah satunya yaitu sering diadakan program kompetisi atau perlombaan bahasa Arab di sekolah. Dan memvariasi metode pengajaran serta orang tua siswa lebih memperhatikan lagi kepada anaknya agar siswa dapat mempraktekkan pelajaran bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Nov 2017 05:03
Last Modified: 27 Jul 2021 06:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7529

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics