Studi komparasi hasil belajar PAI antara siswa yang mengikuti madrasah diniyah dengan yang tidak mengikuti madrasah diniyah kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon Semarang tahun pelajaran 2016/2017

Ashari, Heri (2017) Studi komparasi hasil belajar PAI antara siswa yang mengikuti madrasah diniyah dengan yang tidak mengikuti madrasah diniyah kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123911050.pdf]
Preview
Text
123911050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) bagaimanakah hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, (2) bagaimanakah hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, (3) perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang mengikuti dan yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research).

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode survei dengan teknik komparasi. Adapun untuk pengumpulan data penulis menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode wawancara atau interview, dan metode observasi.

Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus t-tes. Dari variabel yang ada, yaitu variabel X1 (Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah) terdapat nilai rata-rata 80,46 termasuk kategori baik, sedangkan variabel X2 (Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah) terdapat nilai rata-rata 75,92 dan termasuk kategori cukup.

Pengujian hipotesis menggunakan analisis t-test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam bidang hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV MI Ianatusshibyan Mangkang Kulon Semarang. Hal ini dapat diketahui dari nilai X0 (nilai t-test hasil observasi atau empirik) yaitu 2,469 lebih besar pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,046, namun nilai X0 (nilai t-test hasil observasi atau empirik) pada taraf signifikansi 1% lebih kecil yaitu 2,797. Apabila ditulis dalam bentuk angka maka 2,469 > 2,046 dan 2,469 < 2,797.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah dengan siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah, atau siswa yang mengikuti Madrasah Diniyah Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam lebih baik dibanding siswa yang tidak mengikuti Madrasah Diniyah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi pada siswa yang belum mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, agar belajar lebih giat lagi, atau ikut pada pembelajaran di Madrasah Diniyah. Bagi siswa yang sudah mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah juga diharapkan dapat meningkatkan hasilnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI); Madrasah Diniyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:12
Last Modified: 05 Jun 2021 06:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7578

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics