Strategi pemasaran pembiayaan musiman dengan akad rahn di BMT Marhamah Cabang Kertek Wonosobo

Yulianto, Muhammad Arief (2018) Strategi pemasaran pembiayaan musiman dengan akad rahn di BMT Marhamah Cabang Kertek Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1405015191.pdf]
Preview
Text
1405015191.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

BMT diharapkan bisa menjadi lembaga pendukung kegiatan ekonomi masyarakat kecil menengah dengan prinsip syariah. Salah satu produk pembiayaan di BMT ada yang menggunakan akad ar-rhan. Secara etimologi, kata ar-rahn berarti tetap, kekal, dan jaminan. Akad ar-rahn dalam istilah hukum positif disebut dengan barang jaminan dan agunan. Ada beberapa definisi ar-rahn yang dikemukakan ulama fiqh, ulama Malikiyah mendefinisikan bahwa harta yang dijadikan pemiliknya sebagai jaminan hutang yang bersifat mengikat. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana prosedur pembiayaan musiman dengan akad rahn di BMT Marhamah dan bagaimana strategi pemasaran pembiayaan musiman dengan akad rahn di BMT Marhamah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian data-data yang sudah terkumpul dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif analitis.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: pertama, dalam pengajuan pembiayaan musiman yang dilakukan di BMT Marhamah Kertek dengan akad rahn bagi nasabah pembiayaan musiman, di BMT Marhamah cabang Kertek sendiri memiliki jangka waktu untuk pembiayaan musiman dari satu bulan dan maksimal adalah enam bulan, untuk mengajukan pembiayaan pihak BMT Marhamah berhak memberikan pembiayaan dan persyaratan. Kedua, Strategi yang digunakan oleh BMT Marhamah cabang Kertek Wonosobo agar pembiayaan lebih banyak diminati oleh nasabah adalah bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4P (product, price, place, promotion).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Rahn; Pembiayaan musiman; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:20
Last Modified: 05 Jun 2021 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7964

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics