Analisis konsep khiyār ‘aib dalam kitab I’ānah ath-Thālibīn relevansinya dengan perlindungan konsumen

Safitri, Novia Nur (2017) Analisis konsep khiyār ‘aib dalam kitab I’ānah ath-Thālibīn relevansinya dengan perlindungan konsumen. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 132311151.pdf]
Preview
Text
132311151.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kondisi konsumen yang banyak dirugikan, memerlukan peningkatan upaya untuk melindunginya, sehingga hak-hak konsumen dapat ditegakkan. Namun sebaliknya, perlu diperhatikan bahwa dalam memberikan perlindungan kepada konsumen, tidak boleh justru mematikan usaha produsen, karena keberadaan produsen merupakan suatu yang esensial dalam perekonomian negara. Diantara prinsip-prinsip muamalah termasuk jual beli adalah persetujuan atau kerelaan antara pihak-pihak yang bertransaksi. Prinsip lain dari jual beli adalah tidak boleh menimbulkan kerugian baik pada diri sendiri maupun orang lain. Salah satu cara agar terjadi saling rela dan untuk menghindari kerugian diantara pelaku transaksi, diberikanlah kelonggaran bahwa kedua belah pihak dapat membatalkan transaksi jual beli jika terdapat ketidaksesuaian pada barang yang diperjualbelikan. Pilihan untuk meneruskan atau membatalkan jual beli tersebut dinamakan khiyār.
Berdasarkan uraian permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan pokok masalah untuk penelitian ini yaitu; 1) Bagaimana konsep khiyār ‘aib dalam kitab I’ānah ath-Thālibīn? 2) Bagaimana relevansi konsep khiyār ‘aib dalam kitab I’ānah ath-Thālibīn dengan perlindungan konsumen?
Skripsi ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan penelitian kepustakaan (library reseach). Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan, mengamati dan memformulasikan data primer yaitu menggunakan kitab I’ānah ath-Thālibīn. Analisis data adalah analisis kualitatif.
Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa khiyār ‘aib dalam kitab I’ānah ath-Thālibīn, dijelaskan bahwa ‘aib yang menuntut adanya khiyār dalam jual beli dibedakan menjadi dua. Pertama, adanya cacat, kedua adanya penipuan (rekayasa) dalam proses transaksi, baik penipuan tersebut berupa perbuatan maupun perkataan. Jadi, khiyār ‘aib itu berlaku disebabkan oleh salah satu dari dua hal tersebut. Unsur yang pertama adalah adanya cacat (‘aib) pada objek jual beli. Cacat dalam bentuk pertama ini muncul karena pembawaan alam atau bukan karena ulah manusia. ‘Aib yang terjadi karena pembawaan alam ini terbagi menjadi dua bagian yaitu cacat pada bagian luar (dzahir) dan cacat bagian dalam (bathin). Dilihat dari beberapa sudut pandang antara khiyār ‘aib dalam kitab I’ānah ath-Thālibīn dengan perlindungan konsumen terdapat perbedaan dan persamaan. Perbedaan tersebut terletak pada hak produsen dan konsumen. Informasi bagi konsumen. Akad/transaksi dalam khiyār ‘aib konsumen boleh memilih membatalakan atau melanjutkan transaksi, sedang dalam perlindungan konsumen tidak boleh membatalkan transaksi. Terakhir terkait subjek/pelaku transaksi harus mengembalikan harga barang kepada konsumen jika terdapat cacat barang, sedangkan dalam perlindungan konsumen penjual berkewajiban mengganti barang yang cacat dengan barang yang baru. Persamaan khiyār ‘aib dengan perlindungan konsumen hanya terletak pada objek transaksi, yaitu objek transaksi harus terbebas dari cacat. Oleh karena itu, hanya sedikit relevansi antara khiyār ‘aib dengan perlindungan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Khiyār ‘aib; Perlindungan konsumen; Jual beli
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 30 Aug 2018 01:40
Last Modified: 30 Aug 2018 01:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8171

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics